Mohon tunggu...
Berta Safira
Berta Safira Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tim II Universitas Diponegoro

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gawat! Kasus Covid-19 Melonjak, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

4 Agustus 2021   15:49 Diperbarui: 4 Agustus 2021   16:14 77 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gawat! Kasus Covid-19 Melonjak, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan
Gambar 1. Penyampaian Materi Sosialisasi Melalui Grup WhatsApp (dokpri)

Sambiroto (24/7) - Pandemi Covid-19 masih terus merajalela dan jumlah kasusnya semakin meningkat hingga mencapai 2,91 juta di Indonesia. Berdasarkan monitoring data Kelurahan Sambiroto, beberapa RW masuk dalam kategori zona merah di Kota Semarang. Kondisi tersebut menyebabkan masyarakat Kelurahan Sambiroto harus berjaga diri dengan tetap mematuhi peraturan-peraturan mengenai penanganan Covid-19. Maka dari itu, peserta KKN Universitas Diponegoro yang sedang melangsungkan kegiatan KKN di Kelurahan Sambiroto, memfokuskan kegiatannya untuk membantu Kelurahan Sambiroto menekan angka penyebaran virus ini.

Peningkatan kasus penyebaran virus corona mengakibatkan Pemkot Semarang menerapkan kebijakan PPKM Darurat. Namun, kebijakan ini tidak mematahkan semangat peserta KKN untuk melakukan pengabdiannya kepada masyarakat di Kelurahan Sambiroto. Di tengah PPKM Darurat, salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mengadakan "Sosialisasi Penerapan Beserta Pengaturan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19" yang dilaksanakan melalui grup WhatsApp pada 22 Juli 2021 pukul 9.34 WIB. 

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan masih ditemukannya warga yang abai akan protokol kesehatan sehingga diharapkan program sosialisasi yang dilaksanakan dapat mengedukasi masyarakat mengenai betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Adapun yang menjadi sasaran program sosialisasi ini adalah masyarakat yang bertempat tinggal di RW IV Kelurahan Sambiroto.

Pelaksanaan sosialisasi diawali dengan penyampaian materi dengan media poster dan video penjelasan yang telah diunggah di YouTube. Pada poster dijabarkan mengenai protokol kesehatan 5M yang meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. 

Kemudian dalam video dijelaskan mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai protokol kesehatan, seperti misalnya dalam Pasal 1 angka 6 Peraturan Walikota Semarang Nomor 57 Tahun 2020 yang menyatakan "Protokol kesehatan adalah tahapan yang harus ditempuh oleh suatu instansi atau lembaga pada saat akan melakukan aktivitas dengan cara memeriksa suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, menyediakan penyanitasi tangan (hand sanitizer) serta menggunakan masker", dan dilanjutkan dengan penjelasan mengapa Gerakan 5M penting untuk dilakukan.

Gambar 2. Poster Protokol Kesehatan 5M (dokpri)
Gambar 2. Poster Protokol Kesehatan 5M (dokpri)

Warga RW IV sangat antusias dalam berpartisipasi di kegiatan sosialisasi ini, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah viewers YouTube yang mencapai angka 40. Setelah memberikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta evaluasi kegiatan. 

Warga RW IV berharap dengan diadakannya Sosialisasi Penerapan Beserta Pengaturan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19, masyarakat semakin paham mengenai kebijakan protokol kesehatan 5M yang telah digaungkan oleh pemerintah serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengenai hal ini, seorang warga menyampaikan harapannya melalui form evaluasi, beliau mengatakan, "semoga ilmu dari poster dan video ini dilaksanakan warga agar pandemi ini segera berakhir".

Gambar 3. Video Sosialisasi Penerapan Beserta Pengaturan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19 (dokpri)
Gambar 3. Video Sosialisasi Penerapan Beserta Pengaturan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Sebagai Bentuk Pencegahan Covid-19 (dokpri)

Hebatnya, harapan tersebut sudah mulai terwujud apabila melihat kondisi RW IV pada Jumat (23/7), yaitu sudah banyak warga yang menggunakan masker ketika hendak bepergian dan juga telah tersedianya beberapa sarana mencuci tangan di lingkungan RW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN