Mohon tunggu...
Martha Weda
Martha Weda Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis untuk mengurangi antrean ide dalam kepala

Email: berlianamartha@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Yuk Masak Mangut Lele Pedas Terung Hijau Bulat, Gampang Membuatnya dan Sangat Enak Rasanya

29 Mei 2021   17:50 Diperbarui: 29 Mei 2021   19:50 320 46 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Masak Mangut Lele Pedas Terung Hijau Bulat, Gampang Membuatnya dan Sangat Enak Rasanya
Mangut lele pedas terung hijau bulat (Foto : Martha Weda)

Sudah berulang kali suami tercinta meminta saya memasak mangut lele. Terutama sejak suami mengembangkan hobinya selama pandemi ini, yaitu beternak ikan lele dalam ember atau lebih populer dengan istilah budikdamber (budidaya ikan dalam ember).

Namun karena saya memang tidak pernah memasak makanan ini, ada rasa enggan untuk memulainya. Jadilah ditunda-tunda terus. Padahal sebelumnya kami sudah beberapa kali menikmati hasil dari ternak lele ini.

Mangut lele sendiri merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang terdiri dari komposisi utama ikan lele goreng, yang kemudian dimasak dengan bumbu, rempah-rempah dan santan.

Akhirnya, di panen kali ini, saya pun memenuhi keinginan suami. Setelah berselancar di Google, saya menemukan satu resep mangut lele pedas yang sepertinya mudah proses memasaknya. Resep tersebut tidak saya ikuti sepenuhnya. Ada yang saya tambahkan, kurangi, bahkan hilangkan bahan-bahannya.

Lalu suami dan anak saya si ganteng mengambil 12 ekor lele ukuran panjang sekitar 25-30 cm, dengan berat total 2 kg. Cukuplah untuk konsumsi selama satu hari.

Ikan-ikan lele ini kami besarkan dari bibit lele berukuran 7-8 cm dan bulan ini sudah memasuki bulan ke tiga.

Masih ada lebih dari 100 ekor lagi dalam dua buah ember ukuran 80 liter. Bisa menjadi cadangan makanan segar yang bisa diambil sewaktu-waktu untuk diolah menjadi masakan.

Saya memilih resep mangut lele pedas, karena memang kami semua lebih menyukai makanan pedas, termasuk si ganteng anak saya. 

Mangut lele juga biasanya ditambahkan sayuran di dalamnya, seperti daun kemangi. Namun karena tidak memiliki persediaan daun kemangi, saya pun memilih terung hijau bulat sebagai penggantinya.

Terung hijau bulat ini biasanya saya sajikan sebagai lalapan. Namun bila dicampur dengan masakan, teksturnya yang keras akan menjadi lembut dan rasanya sangat sedap.

Bahan-bahan mangut lele pedas adalah sebagai berikut:

  • Ikan lele 2 kg (12 ekor)
  • 4 buah jeruk nipis/lemon, untuk melabur ikan
  • 12 buah terung hijau bulat
  • 1 bungkus santan instan, dicampurkan dengan 1 liter air
  • 5 batang sereh, geprek
  • 5 cm lengkuas, geprek
  • 5 lembar daun salam
  • 8 lembar daun jeruk
  • 10 butir cabai hijau besar, iris serong
  • Minyak untuk menggoreng ikan lele
  • 1 sdt gula
  • garam secukupnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN