Mohon tunggu...
Berliana BintangCahyaning
Berliana BintangCahyaning Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Personal Branding Public Relation

11 Desember 2023   19:00 Diperbarui: 11 Desember 2023   19:56 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara umum personal branding adalah suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus-stimulus ini menimbulkan persepsi positif dari masyarakat.

1. Kompetensi atau Kemampuan Individu

Untuk membangun reputasi atau personal branding, kita harus memiliki suatu kemampuan khusus atau kompetensi dalam satu bidang tertentu yang dikuasai.

2. Style

Gaya merupakan kepribadian dari personal branding. Gaya merupakan bagian yang menjadikan diri unik di dalam benak orang lain. Gaya adalah cara berhubungan dengan orang lain.

3. Standar

Personal branding sangat mempengaruhi cara orang lain memandang individu. Standar akan menetapkan dan memberikan makna terhadap kekuatan personal branding.

Jadi dengan menggabungkan ketiga faktor tersebut, yaitu kompetensi, style, dan standart, kita dapat mulai terus membangun dan mengembangkan reputasi dalam bidang khusus yang di pilih dan proses membangyn reputasi adalah proses seumur hidup.

Untuk personal branding , disarankan untuk mempunyai branding elements yang konsisten. Hal ini termasuk untuk website, logo dan header blog, konten social media, bussiness card, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan branding. Ini untuk menjamin bahwa orang-orang akan mengenali brand saat melihat logo social media atau website tersebut. Konten merupakan elemen penting dalam membangun personal brand seorang public relation.

Beberapa hal yang dapat dilakukan seorang public relation untuk membangun branding

1.  Temui orang-orang melalui event lokal di daerah tempat public relation berpotensi tampil untuk menunjukkan sebuah eksistensi.

2. Manfaatkan sosial media. 

3. Bisa memanfaatkan forum untuk mencati orang-orang dengan hobi dan ketertarikan yang sama.

4. Bisa menulis guest blog post untuk website yang sesuai dengan niche dan bidang tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun