Mohon tunggu...
Berita Nendank
Berita Nendank Mohon Tunggu...

Himpunan Artikel, Berita, dan Opini Beberapa Mahasiswa FISIP UPNVJ

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Buka Tutup Jalan Raya Pondok Cabe Akibat Perbaikan Jembatan

17 Desember 2017   21:41 Diperbarui: 18 Desember 2017   09:10 1964 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buka Tutup Jalan Raya Pondok Cabe Akibat Perbaikan Jembatan
Dokumentasi Pribadi

Macet kerap menjadi persoalan lalu lintas yang paling utama. Tak hanya di kota-kota besar, ternyata macet juga kerap terjadi di berbagai lokasi yang menjadi jalur utama warga. Seperti yang baru-baru ini terjadi, di Jalan Raya Pondok Cabe misalnya.

Tepatnya di depan kampus Universitas Terbuka, proyek pekerjaan perbaikan jembatan ini nyatanya berdampak besar bagi lalu lintas sekitarnya. Dikabarkan, kemacetan panjang kerap terjadi di area ini. Jarak yang biasanya dapat ditempuh dalam waktu 10 menit (lampu merah Gaplek hingga lapangan terbang Pondok Cabe), kini harus ditempuh berkisar 30 menit hingga 1 jam.

Bukan saja kendaraan roda empat, bahkan motor sekali pun terhambat melewati jalur ini. Terlihat beberapa remaja dan warga sekitar turun membantu. Rekayasa buka-tutup jalur member kesempatan bagi kendaraan-kendaraan yang ada saling bergantian melalui area tersebut. Namun setelah diberlakukannya buka-tutup ini pun, nampaknya kemacetan masih belum dapat teratasi.

Proyek perbaikan yang dimulai sejak bulan September lalu, ditargetkan akan rampung dalam kurun waktu 3 bulan. Namun nyatanya, hingga saat ini, awal Desember, proses proyek tersebut baru dikerjakan hanya setengah bagian dari keseluruhan. Sampai saat ini pun, pengerjaan proyek perbaikan masih terus berlanjut.

Pemberlakuan buka-tutup jalur ini sudah dilaksanakan dalam 2 bulan terakhir. Yang biasanya bisa dilalui 2 jalur, kini hanya dibuka 1 jalur saja.Semua kendaraan dipersilahkan bergantian melewati sisi jembatan yang belum tersentuh pengerjaan perbaikan.  Akibatnya banyak kendaraan yang berputar balik untuk menghindari kemacetan tersebut. Puncak kemacetan terjadi pada pukul 07.00-11.00 pada pagi hari dan pukul 16.00-19.00 pada sore hari.

Di ujung jalan raya Pondok Cabe, tepatnya di perempatan lampu merah Gaplek, sudah diberikan peringatan bahwa sedang ada perbaikan jembatan dan disarankan untuk melalui jalur alternative. Namun tetap saja banyak pengendara yang memilih jalur tersebut. Jalan alternatif yang sudah diarahkan oleh warga sekitar pun juga sama padat dan macetnya karena cukup banyak pula pengendara yang memilih jalur alternatif tersebut.

Pengendara dihimbau untuk tetap berhati-hati, selalu mengikuti aturan yang diberikan dan larangan untuk tidak mendahului kendaraan lain dengan sembarangan dilakukan untuk mencegah bertemunya barisan kendaraan dari arah sebaliknya. Karena hal-hal tersebut akan memperparah kemacetan yang terjadi. Maka dihimbau untuk pengendara yang akan melewati jalur tersebut, untuk mencari jalan alternative lain untuk menghemat waktu perjalanan dan mengurai kemacetan yang terjadi.

Penulis : Dhea Salsabila

Editor : Diah Afrilian

VIDEO PILIHAN