Berita Nendank
Berita Nendank

Himpunan Artikel, Berita, dan Opini Beberapa Mahasiswa FISIP UPNVJ

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Karena Game Online

12 November 2017   22:38 Diperbarui: 16 November 2017   16:40 260 0 0

Game online merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan oleh anak remaja sampai orang dewasa. Menurut Wikipedia Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet, seperti modem dan koneksi kabel. Sebuah game online dapat dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu. 

Game online terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati banyak pemain sekaligus. Game online bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan sebuah komunitas maya. Komunitas maya adalah sebuah komunitas yang berada di dunia maya.

Bermain game online memang menimbulkan banyak dampak kepada pemainnya, baik buruk maupun baik. Tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa bermain game online hanya akan menimbulkan dampak buruk saja. Karena dampak buruk dari bermain game online lebih mudah dilihat dan dirasakan oleh si pemain maupun orang-orang di lingkungannya. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh game online:

  1. Kecanduan

Bermain game online dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan adalah keadaan dimana ketika tubuh dan pikiran kita menginginkan sesuatu sampai kepada tingkat terparah. Game online dapat menjadi pemicu munculkan rasa candu dalam diri seseorang, yang memicu munculnya rasa candu ini ialah permainan yang seru dengan quest atau misi yang cukup sulit untuk diselesaikan. Karena itu pemain akan terus berusaha menyelesaikan misi atau quest yang ada di dalam permainan tersebut. Pada saat pemain berhasil menyelesaikannya, maka akan muncul rasa puas di dalam diri pemain. Rasa puas inilah yang membuat pemain ingin terus menerus memainkan permainan tersebut. Kecanduan juga merupakan hal utama atau akar yang memunculkan dampak negatif lainnya dari bermain game online.

  1. Boros

Kecanduan game online dapat membuat pengeluaran uang makin bertambah. Karena di dalam game online harus menggunakan equipment yang bagus dan sesuai dengan karakter yang dimainkannya. Untuk mendapatkan equipment yang bagus itu bisa dengan cara membelinya atau mendapatkannya dengan gratis melalui misi yang sudah diselesaikan. Tetapi tidak semua equipment yang didapatkan melalui penyelesaian misi sesuai dengan yang diinginkan. 

Maka dari itu biasanya pemain akan membeli sebuah voucher, token, maupun uang yang digunakan di dalam game online tersebut untuk membeli equipment yang sesuai dengan kondisi karakternya, dimana kondisi karakternya tersebut pasti akan berubah sesuai dengan bertambahnya level atau tingkatan. Akibat pembelian yang tidak ada habisnya inilah yang dapat membuat pengeluaran semakin besar dan terjadinya pemborosan.

  1. Lupa waktu

Ketika menyelesaikan sebuah misi yang sulit atau keasikan bermain, merupakan faktor yang membuat para pemain lupa waktu dalam bermain. Hal ini disebabkan oleh manajemen waktu yang tidak baik, yaitu tidak bisa membatasi waktu dalam bermain game perharinya. Seorang gamer yang bijak, dapat memanajemen waktu dengan baik yaitu dengan membatasi waktu bermain agar tidak menyia-nyiakan waktu yang berharganya hanya untuk bermain saja. Bermainlah secukupnya dan tidak berlebihan.

  1. Kesehatan menurun

Akibat bermain game yang terus menerus dapat menyebabkan kesehatan para pemain menurun karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan. Karena biasanya para gamers hanya duduk di depan layar komputer saja. Hal ini yang menyebabkan para pemain tidak ingat waktu sehingga sering terlambat makan ketika sudah bermain game. Selain itu, bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit mata, ambeien, sakit di sekitar tulang punggung, dan lain sebagainya.

Bermain game online tidak selamanya menimbulkan dampak negatif loh! Dengan bermain game online kita juga akan mendapatkan dampak positif yang dapat dirasakan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang bisa didapatkan dengan bermain game online:

  1. Menambah teman

Bermain game online yang menghubungkan kita dengan pamain lainnya dapat membuat kita berinteraksi dengan orang banyak, baik itu secara personal ataupun ketika kita bergabung ke dalam suatu guild ataupun kelompok tertentu di dalam permainan. Karena interaksi ini lah kita bisa mendapatkan teman baik di dunia game ataupun dunia nyata. Kita bisa saja berkenalan dengan orang asli yang ada dibalik karakternya tersebut.

  1. Belajar kerjasama di dalam tim

Bermain game online dapat mengasah kerjasama tim yang ada di dalam diri kita. Seperti contoh ketika kita bermain dengan membentuk kelompok untuk berburu monster di dungeon, maka kita memiliki peran masing-masing di dalam kelompok tersebut. Setiap karakter harus paham dengan peran yang dimilikinya agar perburuan berjalan sesuai dengan rencana dan tidak merugikan anggota kelompok yang lain. Kerjasama tim yang dilakukan disini dapat dipelajari sehingga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari para pemain.

  1. Belajar mengatur strategi terbaik

Keberuntungan tidak bisa dijadikan sebuah andalan dalam bermain game online. Selain keberuntungan, seorang pemain juga harus memiliki strategi yang baik dalam menyerang, meminimalisir penggunaan item penting, menjaga kesehatan dari karakter yang dimainkannya, dan lain sebagainya. Dalam bermain game online sebenarnya membutuhkan banyak strategi, dengan hal ini para pemain dapat belajar mengatur strategi dari permainan dan diimplementasikannya ke kehidupan sehari-hari. Selain itu, para pemain game online biasanya akan cepat dalam mengambil sebuah keputusan. Karena jika telat sedikit saja dalam mengambil keputusan dalam keadaan genting, karakter yang dimainkan dapat mati saat itu juga dan bisa merugikan karakternya sendiri maupun kelompok.

  1. Meningkatkan rasa senang dan mengurangi stress

Memainkan game online dapat membuat hati kita merasa senang, seperti ketika kita berhasil menyelesaikan misi yang diberikan dan mendapatkan hadiah. Game online juga dapat mengurangi stress, karena game online merupakan sarana untuk refreshing sehingga kita bisa melupakan sejenak pekerjaan dan masalah yang datang.

  1. Meningkatkan sikap sportifitas dan adil

Bertarung antar guild di game online dengan cara yang sehat dapat mengasah dan meningkatkan sportifitas yang ada di dalam diri seseorang. Selain itu juga dapat membuat seseorang belajar menerima kekalahan dan tidak berlaku curang hanya untuk mencapai sebuah kemenangan. Dengan begini, ketika seorang gamers mengalami kekalahan di hidupnya, orang tersebut akan bisa menerima kekalahannya itu dengan lapang dada.

  1. Dapat meningkatkan konsentrasi

Ketika sedang menyelesaikan sebuah misi, pemain akan membutuhkan strategi. Strategi itu bisa didapatkan ketika seorang pemain dapat fokus dan konsentrasi ke dalam permainannya itu sehingga dapat menemukan kesempatan sebaik mungkin. Bermain game online sebelum belajar juga bisa meningkatkan konsentrasi anak ketika sedang belajar.

  1. Belajar bahasa inggris

Kebanyakan game online menggunakan bahasa inggris pada pengaturan bahasanya. Bahasa inggris digunakan tidak hanya dalam penamaan tampilan game saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai bahasa yang biasa digunakan oleh para gamers, seperti potion, dungeon, guild, equipment, heal, skill, BRB (Be Right Back), AFK (Away From Keyboard), dan banyak lagi. 

Secara tidak sadar, hal ini menuntut para pemain untuk mengerti dan menggunakan bahasa inggris. Dengan bermain game online, penggunaan bahasa inggris pun dapat dipahami dengan lebih cepat dibandingkan dengan belajar secara formal.

Itulah beberapa dari banyaknya manfaat dalam bermain game online. Maka dari itu jangan takut ketika ingin mencoba bermain game online, karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bermain game online. Karena sesungguhnya game online pertama kali dibuat pada tahun 1969 dengan tujuan awal untuk pendidikan.

Manfaat ini bisa kalian dapat dan rasakan jika bermain game online secukupnya dan tidak berlebihan. Jika kalian bermain game online secara berlebihan maka yang akan kalian dapatkan hanyalah dampak negatif dari game online tersebut. Maka, bermainlah dengan bijak!

Penulis: Nurul Ersa Latifa