Mohon tunggu...
Swarna
Swarna Mohon Tunggu... Lainnya - orang biasa

Setelah 2 tahun lebih 😂

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ayo, Bermain Kertas Lipat!

7 Desember 2021   11:40 Diperbarui: 7 Desember 2021   15:06 196 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bermain adalah suatu kegiatan yang dalam benak kita harus santai dan menyenangkan. Dari segala permainan anak-anak pasti dasarnya adalah untuk kesenangan, selanjutnya adalah pembelajaran.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kegiatan bermain yang menyenangkan, baik dilakukan sendiri, atau bersama-sama. Yang terpenting lakukan dengan senang.

Seperti bermain dengan menggunakan kertas lipat, saya masih ingat waktu kecil orang tua membelikan buku pedoman bermain kertas lipat atau yang kita kenal dengan origami, juga membelikan kertas lipatnya. Jaman dulu harga kertas lipat sangat mahal. Sebelum ada contoh cara membuat kerajinan dari kertas lipat dalam bentuk video atau foto langkah pembuatan dengan menggunakan gambar sederhana. Dengan bantuan guru dan orang tua baru bisa menirukan bentuk sebuah lipatan.

Bila akan bermain membuat karya menggunakan kertas lipat pasti ada tahapan sesuai dengan usia. Pada anak usia dini pengenalan bermain memakai kertas lipat tentu dari lipatan yang sangat sederhana terlebih dahulu. Seperti melipat kertas yang berbentuk persegi menjadi bentuk segi tiga, kemudian dari bentuk persegi menjadi persegi panjang. Demikian seterusnya dan harus diulang-ulang sampai anak bisa menirukan membuat suatu bentuk lipatan dengan rapi.

Masih ingat lipatan pertama yang Anda buat saat pertama belajar origami? Kalau saya membuat bentuk rumah, boneka dan pohon. Kita tahu yang paling disukai anak sampai sekarang adalah bentuk lipatan pesawat karena bisa dimainkan dengan melempar ke atas dan dia akan melayang sejenak si udara. Serunya bukan main bila bisa membuat bentuk pesawat dan memainkannya.

Dengan bermain melipat kertas, banyak aspek perkembangan yang bisa dikembangkan pada anak usia dini. Ada 6 aspek perkembangan pada anak yang harus diketahui dan distimulasikan pada mereka

1. Norma dan agama
2. Fisik motorik
3. Kognitif
4. Bahasa
5. Sosial emosional
6. Seni

Dengan bermain dan belajar  menggunakan kertas lipat ini maka beberapa aspek perkembangannya diharapkan bisa dicapai.

1. Norma dan Agama

Mengajarkan pada mereka sikap jujur, sopan dan menghormati orang yang lebih tua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan