feri anto
feri anto Wiraswasta

Menulis bukan cuma untuk kepentingan diri sendiri, tapi untuk membantu mewujudkan cita-cita orang lain, dan membuatnya menjadi berarti.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Komik Nusa V Indonesia

30 Agustus 2017   17:07 Diperbarui: 30 Agustus 2017   17:20 689 0 0

Siapa yang tidak kenal komik ? Pasti hampir semua orang mengenalnya. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa pasti kenal komik. Media gambar yang dicetak diatas kertas, tak terkecuali juga web yang didalamnya terdapat cerita. Baru-baru ini dunai komik indonesia digemparkan dengan prestasi asal indonesia, yang membuat komik denganseorang editor senior Shogakukan (Jepang), bernama Yasuyuki Sagami. 

Nama anak itu adalah Sweta Kartika. Ia bekerja sama dengan Yasuyuki Sagami, yang awalnya memulai debut di majalah komik Re: On pada edisi 28, sampai akhirnya ia menulis komik secara utuh.

Komik Nusa V sendiri bercerita tentang lima pemuda dari lima pulau besar indonesia: Naya (Sumatera), Rangga (Jawa), Rimba (Kalimantan), George (Papua), dan Rena (Sulawesi) dalam melawan Kelana, si makhluk jahat, dan kelompok pemujanya yang bernama Sandekala. Komik ini secara keseluruhan menarik karena desainya secara keseluruhan menggambarkan budaya indonesia. Karya dua orang yang berbakat ini lalu dicetak menjadi sebuah komik dan diedarkan di indonesia. 

Semuanya ini terjadi berkat kerjasama dari Shogakukan Asia dengan Padma Pusaka Nusantara. Komik yang orisinil ini juga ditampilkan ke publik pada acara Popcon Asia 2017, yang dihelat di Jakarta 5-6 Agustus. Rencananya komik Nusa V akan diperkenalkan di acara Frankfurt Book Fair 2017, yang akan diadakan oleh Shogakukan Asia nantinya.