Mohon tunggu...
Bem Fmipa Um
Bem Fmipa Um Mohon Tunggu... Lainnya - RPIF

RPIF adalah program kerja dari BEM FMIPA yang mana melaksanakan tugas sebagai media massa dalam lingkup FMIPA UM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jalin Relasi BEM FMIPA UM dengan Civitas Akademika FMIPA UM melalui Kegiatan Jurnalistik

19 Desember 2020   14:18 Diperbarui: 19 Desember 2020   14:54 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalin Relasi BEM FMIPA UM dengan Civitas Akademika FMIPA UM melalui Kegiatan Jurnalistik
https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fbataraonline.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fmenulis-artikel-cepat.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fhadkourt.com%2F2019%2F03%2F13%2Fcara-menulis-artikel-baru%2F&tbnid=fQzhk9Z1IbNqWM&vet=12ahUKEwicmoCGltntAhXPkZ4KHaIEDsoQMygoegUIARCNAg..i&docid=eM5l51EsB0JKRM&w=663&h=417&itg=1&q=menulis%20artikel&ved=2ahUKEwicmoCGltntAhXPkZ4KHaIEDsoQMygoegUIARCNAg

Kegiatan Jurnalistik memiliki manfaat tersendiri bagi mahasiswa, seperti melatih public speaking, menjalin relasi dan juga meningkatkan percaya diri. Tidak hanya itu artikel atau berita yang dihasilkan melalui kegiatan jurnalistik adalah karya original yang tentunya bisa dibilang karya yang memiliki hak cipta tersendiri. Di FMIPA Universitas Negeri Malang sendiri terdapat Program kerja dari Kementerian Dalam dan Luar Negeri BEM FMIPA UM untuk melaksanakan kegiatan Jurnalistik, yaitu RPIF (Road To Public Information Facilities). Program kerja ini mengusung tema "media informasi, jalin relasi dan satukan presepsi" sesuai nama nya kegiatan ini tidak hanya untuk kegiatan jurnalistik, tetapi juga sebagai media informasi.

Tujuan diadakan RPIF sendiri adalah menjalin relasi dengan civitas akademika di FMIPA UM melalui kegiatan jurnalistik serta memperkenalkan dan menginformasikan berita seputar FMIPA UM termasuk BEM FMIPA UM. Kegiatan RPIF ini adalah pembuatan artikel seputar FMIPA UM dengan tahapan meliputi pembuatan TOR wawancara, wawancara narasumber, pembuatan isi artikel dan publikasi artikel. Dengan sasaran narasumber adalah civitas akademika FMIPA UM. Karena adanya pandemi, mengaharuskan kegiatan wawancara ini dilaksanakan secara online. Kegiatan wawancara ini telah dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu 1 kali pada bulan September dan 2 kali pada bulan Desember.

Tidak hanya membuat artikel, RPIF juga telah mempublikasikan artikel program kerja dari BEM maupun subdiv. Dengan tahapan pengiriman artikel ke RPIF, proses revisi atau editing, dan pempublikasian. Artikel -- artikel dari hasil wawancara maupun artikel program kerja dipublikasikan di beberapa media massa.

Hingga saat ini RPIF telah mengupload artikel sebanyak 95 kali dengan jumlah artikel sebanyak 40. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini relasi antara BEM FMIPA dan civitas akademika FMIPA terjalin dan juga dapat mencitrakan nama FMIPA dan BEM FMIPA kepada mahasiswa maupum masyarakat melalui artikel - artikel yang dipublikasi.

Penulis : Feri Firmansah

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x