Mohon tunggu...
Bella Indah Simarmata
Bella Indah Simarmata Mohon Tunggu... Mahasiswa

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bahagia

24 Februari 2021   10:51 Diperbarui: 24 Februari 2021   10:56 50 1 0 Mohon Tunggu...

KEBAHAGIAAN

Kebahagiaan merupakan salah satu tujuan hidup manusia. Cara yang dilakukan manusia untuk mencapai kebahagiaan beragam, misalnya dengan berekreasi ke taman bermain, memiliki barang yang diinginkan sejak lama, bertemu dengan orang yang dicintai, memiliki binatang peliharan. 

Perbedaan ini dapat menyebabkan makna kebahagiaan yang berbeda pula bagi setiap individu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2013) arti bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Sekarang kebahagiaan menjadi sesuatu yang dianggap penting di dunia psikologi. Tetapi semua manusia belum tentu setuju atau sependapat dengan pengertian bahagia menurut KBBI.

Relatif menjadi salah satu kata kunci bahagia. Ini menandakan bahwa bahagia adalah perasaan yang bebas tanpa batas tak berujung bagi yang merasakannya, karena relatif sendiri merupakan sesuatu yang dapat dinilai jika memiliki pembanding, seperti yang terjadi pada kehidupan nyata, bahwa kesehatan lebih mudah memunculkan rasa bahagia dibandingkan pergi piknik bagi orang yang sedang sakit. Sedangkan bagi seorang pengangguran mendapatkan pekerjaan dapat mendatangkan kebahagiaan dibandingkan pergi belanja bersama teman. Setiap individu memiliki cerita berbeda. Ukurannya pun menjadi sangat relatif.

Kebahagiaan hidup merupakan sesuatu yang pasti dan menjadi cita -- cita semua orang dalam hidupnya. Baik kebahagiaan di dalam berhasil menjalankan tugas dan kewajiban yang baik serta benar maupun keberhasilan dalam menghindari penderitaan. Bahagia dan tidaknya seseorang bisa berangkat dari mampu dan tidaknya orang tersebut memenuhi kebutuhan keinginannya (dalam bentuk positif), berangkat dari kata hatinya yang tulus dan murni.
Bila pemenuhannya bersifat negatif yang sebenarnya bukan kebahagiaan, maka dibalik pemenuhan itu masih terdapat keganjilan yang tidak bisa diterima oleh kata hatinya bahkan hanya bersifat sementara. Karena itu orang yg bahagia ialah orang yang bisa menerima kenyataan hidupnya, bisa menerima segala yang ada pada dirinya. Akan tetapi tetap percaya bahwa dibaik kepahitan pasti ada kesejahteraan yang lebih lama seperti orang minum obat, pahit dikala minumnya tetapi setelah minum hadir kesehatan yang lebih lama dari pahitnya rasa
Hidup bahagia itu sederhana bila kamu mengetahui caranya. Terkadang, kamu suka berfikir bahwa dirimu seperti satu-satunya manusia yang tidak melakukan apapun dalam hidup. Hari ini bosan dan hari seterusnya merasa kehidupan kamu tidak bewarna. Padahal bila ditinjau lebih dalam, kamu bukan merupakan satu-satunya orang yang mengalami hal seperti itu lho dan coba deh melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda. Maka dari itu, simak tips sederhana membuat hidup bahagia di bawah ini.
1. Tetap jujur pada diri sendiri.

Jauh di lubuk hati kita tidak ingin melakukannya - tetapi kita harus tetap melakukannya. Kita mendengarkan isi hati kita . Kita juga harus mencoba meyakinkan diri sendiri bahwa kenaikan itu sepadan,atau risikonya terlalu besar,atau lebih baik diam saja,untuk menundukkan kepala. Tetap jujur pada diri sendiri adalah tantangan,ya.Tetapi secara efektif menekan diri sejati Anda bahkan lebih menantang.
2. Lakukan apa yang Anda sukai.

Yuk, mulai ciptakan hidup bahagia dengan cara menyisihkan sedikit waktu akhir pekanmu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Bila kamu senang tidur dan maingameseharian dirumah,lakukan! Rutinitas yang selama ini kamu lakukan, terkadang tanpa disadari membuat diri kamu lupa menjaga diri. Cara hidup bahagia itu bisa dilakukan dengan cara sederhana kok. Dengan meluangkan waktumu untuk menghibur diri kamu sendiri, pikiranmu pun akan lebih jernih dan kembali normal. Sering bukan kamu lihat orang marah-marah tanpa alasan yang jelas? Kemungkinan dia kurang hiburan, lho. Jangan sampai kamu ketularan ya!
Kebahagian yang datang, ditentukan dari cara kamu bersikap. Hal sederhana yang kamu lakukan dalam mengubah gaya hidup kamu sehari-hari, dapat menentukan kebahagian yang akan kamu dapatkan. Jangan cepat menyerah dengan keadaan dan jangan pernah berfikir hidup kamu tidak bahagia. Pikiran dan ucapakan yang sering kamu utarakan, membuat doa dalam hidup kamu, lho! Yuk, mulai perhatian dengan mekanisme hidupmu dan mulai hidup bahagia dari sekarang

3. Ciptakan lingkungan yang tepat untuk Anda

Ciptakan lingkungan Anda sendiri.Tempatkan diri Anda di tempat yang akan membantu Anda tumbuh,bukan menekan pertumbuhan Anda.Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memahami,atau setidaknya berusaha untuk memahami Anda.Selalu ada pilihan.Jangan puas dengan tempat yang tidak memberi makan inti Anda.

4. memilih teman dengan bijak.

Anda adalah cerminan dari lima orang yang paling sering Anda habiskan bersama - pilihlah mereka dengan bijak.Jika mereka banyak mengeluh,niscaya Anda akan banyak mengeluh.Jika mereka malas,Anda akan menjadi malas.Jika mereka tidak secara aktif meningkatkan diri,Anda tidak akan secara aktif meningkatkan diri - kecuali Anda meninggalkan situasi dan menemukan orang lain yang akan mencerminkan bagian diri Anda itu.Sangat sulit untuk tetap berada dalam keadaan bahagia ketika Anda dikelilingi oleh hal-hal negatif.

5. Hidup Bersyukur

Nah, ini nih yang terkadang suka kamu lewati. Kamu terlalu sibuk memikirkan macam-macam dan kekurangan akan beberapa hal dalam hidup kamu, tanpa melihat lagi apa yang sebenarnya telah kamu punya sekarang. Mau hidup bahagia itu gampang! Mulai deh instrospeksi diri dengan tidak banyak mengeluh. Perhatikan lagi keadaan kamu saat ini dan berusaha untuk mensyukuri segala hal yang telah kamu miliki. Dengan begitu kamu akan mempunyai pandangan berbeda yang lebih luas. Cobalah untuk selalu mengingat kalau dulu kamu pernah berdoa pada Tuhan untuk apa yang sedang kamu miliki saat ini.


6. Ciptakan kepastian dan sisakan ruang untuk ketidakpastian

Jika tidak ada dalam hidup Anda yang direncanakan,maka itu berisiko dan tidak nyaman.Kebahagiaan ditemukan di suatu tempat di tengah.Anda menginginkan kepastian yang cukup dalam hidup Anda untuk merasa seperti Anda memiliki dasar untuk berdiri.Ini adalah petualangan spontan yang menghadirkan momen kegembiraan yang ekstrem.Tapi mereka paling baik dinikmati saat Anda tahu Anda memiliki sesuatu yang aman untuk mendarat juga.


7. Berfikir Positif.
"Think Positive and Positive Things Will Happen"Sering dengar bukanquotesseperti itu? Pikiran positif yang kamu ciptakan, akan mempengaruhi suasana di sekitarmu. Seperti alam akan tahu siapa yang berfikiranpositivemana yang berfikirnegative. Cobalah untuk selalu berfikir positif. Jangan sampai kamu terbawa orang-orang di sekitarmu yang selalu beranggapan bahwa hidup mereka yang paling benar. Kamu harus belajar menerima kenyataan dan kekurangan dari masing-masing individu. Dengan berfikir positif, kamupun jadi tidak mudah berburuk sangka dan dijamin kehidupan kamu akan lebih bahagia.

8.Cintai diri sendiri

Manusia terkadang memperlakukan dirinya sendiri terlalu keras. Semakin keras Anda memperlakukan diri Anda, maka Anda akan semakin tidak bahagia. Memang, dalam mencapai target hidup, diperlukan ambisi dan kerja keras. Namun ada kalanya Anda harus meluangkan waktu yang berkualitas untuk diri Anda sendiri. Ada kalanya Anda harus memanjakan diri sendiri. Orang yang bahagia adalah orang yang melakukan hal yang nyaman bagi dirinya sendiri.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x