Mohon tunggu...
Bela Yusti Annasya
Bela Yusti Annasya Mohon Tunggu... Dosen - Newbie

dive deeper..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KIP Kuliah, Kesempatan dan Harapan

21 Oktober 2021   11:28 Diperbarui: 21 Oktober 2021   11:35 1484 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                Program wajib belajar 12 tahun di Indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan jaman. Pemerintah berupaya meningkatkan taraf kehidupan rakyat dengan mewajibkan semua warga negara Indonesia untuk menamatkan pendidikan dasar dengan program 6 tahun di SD, 3 tahun di SMP, dan 3 tahun di SMA secara merata. Namun apa langkah selanjutnya? Mencari lowongan kerja terpaksa menjadi pilihan, namun banyak perusahaan di Negara tercinta ini mencari kandidat minimal D3 sampai S1. Padahal skill lulusan SMK, SMA se-derajat pun juga bisa bersaing dengan lulusan S1.

 

         Pemerintah berupaya kembali agar tidak meng-anak tirikan lulusan SMK, SMA se-derajat. Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah di tahun 2021 ini. KIP kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan.


          Menurut Luluh Fasilia, mahasiswa kelahiran 4 Juni 2003, awal mulanya ia tidak mengetahui adanya program KIP Kuliah ini, namun setelah mendapat sosialisasi dari salah satu kampus swasta di kota Cilegon tempat ia berkuliah sekarang, yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIKOM) Insan Unggul, ia tertarik dan merasa ini adalah peluang baginya untuk dapat melanjutkan bangku pendidikan ke jenjang S1.

"awal mulanya saya merasa takut akan menjadi mahasiswa, karena saya khawatir dunia luar itu sangat keras dan penuh persaingan, tetapi setelah saya menjalaninya menjadi mahasiswa adalah suatu kebanggan bagi saya, karena saya berkesampatan menjadi orang yang bermanfaat dan bisa membantu masyarakat".

          Luluh juga menyampaikan bahwa mata kuliah favorite nya adalah Bahasa Inggris, karena Luluh menyukai Bahasa Inggris sejak di bangku SMA dan senang bertemu Bahasa Inggris kembali. Luluh berpesan kepada anak-anak dan mahasiswa di Indonesia

"harus diingat bahwa tidak semua orang di Indonesia dapat merasakan bangku kuliah, maka apabila ada kesempatan kenapa tidak kita memanfaatkannya, karena dengan begitu kita dapat menjadi orang yang bermanfaat serta turut memajukan pendidikan dan menjadikan Indonesia lebih baik lagi".

          Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan ke bangku kuliah, biaya, waktu, semua bisa dipangkas apabila ada niat dan kemauan. Ambil kesempatan yang ada dan ikut memajukan Indonesia menjadi lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan