Mohon tunggu...
budi setiawan
budi setiawan Mohon Tunggu... mahasiswa

fakultas teknik progam studi perencanaan wilayah kota Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL)

11 November 2019   04:47 Diperbarui: 11 November 2019   04:58 203 1 1 Mohon Tunggu...

Pengembangan ekonomi lokal

Pertumbuhan ekonomi merupakan proses kenaikan kapasitas produksi pada perekonomian suatu wilayah untuk kenaikan pendapatan nasional. Pertumbuhan ekonomi juga merupakan proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara untuk menuju keadaan yang lebih baik lagi. Indonesia merupakan negara berkembang yang dimana perekonomiannya mudah untuk ditingkatkan, beda halnya dengan perekonomian pada negara maju yang cenderung stabil dan sangat sulit untuk ditingkatkan lagi.

Pengembangan ekonomi lokal sangatlah perlu untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Pengertian pengembangan ekonomi lokal sendiri yaitu proses dimana pemerintah lokal dan organisasi masyarakat terlibat untuk mendorong, merangsang, memelihara, aktivitas usaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Pengembangan ekonomi lokal juga dapat diartikan sebagai suatu proses yang melibatkan pembentukan kelembagaan baru, terciptanya industri baru untuk menghasilkan produk yang bermutu.

Contoh pengembangan ekonomi lokal yang ada di Kabupaten Malang yaitu produksi makanan khas Malang yaitu kripik tempe. Kripik tempe saat ini sangat mudah ditemui, baik toko dipinggir jalan maupun toko yang berada di dalam mall. Pengembangan ekonomi lokal kripik tempe tersebut merupakan bentuk proses dari pemerintah lokal dengan masyarakat lokal yang saling bergantungan. Masyarakat lokal sebagai pengolah produksi dan pemerintah lokal sebagai pemasarannya.

Pengembangan ekonomi lokal sangatlah mendukung peningkatan perekonomian nasional. Pengembangan ekonomi lokal juga dapat mengatasi pengangguran yang ada. Dalam pengembangan ekonomi lokal peran masyarakat lokal dengan pemerintah harus saling terkait, dimana jika salah satu peran tersebut tidak ada kerjasama maka akan gagal dalam pengembangan ekonomi lokal pada suatu wilayah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x