Mohon tunggu...
budi setiawan
budi setiawan Mohon Tunggu... mahasiswa

fakultas teknik progam studi perencanaan wilayah kota Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Klaster Industri dalam Pertumbuhan Ekonomi

10 November 2019   21:53 Diperbarui: 10 November 2019   21:55 40 0 0 Mohon Tunggu...

Cluster Industri

Perkembangan perekonomian di Indonesia tidak hanya berpaku pada satu aspek saja, meskipun Indonesia merupakan negara yang memiliki sektor pertanian sebagai sumber daya utama bagi sebagian besar wilayah di Indonesia, tetapi hal tersebut tidaklah cukup bagi Indonesia untuk terus mengembangkan perekonomian di negaranya. 

Ada beberapa aspek pendorong atau pengembang untuk perekonomian di Indonesia, salah satunya adalah perekonomian yang didorong oleh  perindustrian di Indonesia.

Klaster merupakan suatu kumpulan atau kelompok yang memiliki keserupaan atau atas dasar karakteristik tertentu. Sedangkan klaster industri merupakan kelompok industri spesifik yang saling berhubungan. Klaster industri juga diartikan pengelompokan perusahaan sejenis yang bekerja saling melengkapi dan saling memperkuat untuk meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Manfaat dari adanya klaster industri adalah

  • Mampu memperkuat perekonomian lokal
  • Mampu memfasilitasi reorganisasi industri
  • Mampu meningkatkan networking antar perusahaan
  • Mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi
  • Mampu mendorong dan mempermudah inovasi
  • Mampu membangun infrastruktur profesional

Pelaku klaster industri terdiri dari perusahaan yang bergerak dalam industri inti dan perusahaan yang tergolong dalam industri pembantu seperti industri pemasok bahan baku atau industri lanjutan dari industri inti.

Stategi klaster industri terdiri dari klaster embrio, klaster tumbuh, klaster dewasa, dan klaster menurun.

  • Klaster embrio adalah klaster pada tahapan awal perkembangan.
  • Klaster tumbuh adalah klaster yang mempunyai ruang untuk perkembangan lebih lanjut.
  • Klaster dewasa adalah klaster yang stabil atau akan sulit untuk lebih berkembang.
  • Klaster menurun adalah klaster yang sudah mencapai puncak tinggi dan sedang mengalami penurunan.

Perekonomian di Indonesia sebagian besar didorong oleh sektor industri yang menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Sektor industri menjadi penyumbang terbesar nilai pendapatan nasional. Untuk meningkatkan sektor nilai industri di Indonesia perlu adanya pengembangan klaster industri dan aglomerasi yaitu untuk meningkatkan nilai ekonomi dengan memusatkan kawasan industri dan juga saling bergantungan antar perusahaan. Peningkatan nilai perekonomian juga bergantung terhadap kondisi infrastuktur yang ada. Manfaat dari klaster industri sendiri yaitu meningkatkan keahlian pelaku ekonomi, antar perusahaan mendapat keahlian komplemen yang tidak akan didapat jika bertindak sendiri, memperkuat hubungan antar perusahaan dan juga menciptakan ide baru.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x