Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu... Musisi dan Creative Concept

Lead Vocal and Guitarist Bunker 225 (www.bunker225.com) , Creative Concept. Classic Rock 50's - early 90's maniac

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

CCR dan Perang Dingin Fogerty Bersaudara

11 Januari 2020   09:00 Diperbarui: 12 Januari 2020   12:53 403 3 1 Mohon Tunggu...
CCR dan Perang Dingin Fogerty Bersaudara
C.C.R menjadi salah satu band rock asal Amerika Serikat yang sukses. Lagu-lagu nya masih sering di putar sampai sekarang beberapa radio di Amerika Serikat. | Sumber foto: pinterest.com/skervaski

Sebuah grup musik atau band biasanya memiliki 3 orang personil hingga 7 orang personil dan harus memiliki satu tujuan yang sama untuk kemajuan band-nya. 

Ada di beberapa  grup musik terdapat kakak-beradik yang bermusik bersama seperti Duane Allman dan Gregg Allman yang tergabung di band The Allman Brothers, Angus Young dan Malcolm Young dari band AC/DC ataupun Max Cavalera dan Igor Cavalera yang pernah di 1 band yaitu Sepultura.

Bermusik bersama saudara mungkin akan asyik karena sudah saling mengenal satu sama lain namun tak jarang juga terjadi perbedaan pendapat hingga saling membenci satu sama lain. 

Mungkin nama-nama kakak-beradik yang disebutkan diatas para penikmat musik sudah mengetahui namun siapakah Tom Fogerty dan John Fogerty ini?

Tom Fogerty dan John Fogerty lahir dari keluarga menengah di Berkeley, California. Tom Fogerty merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Tom Fogerty lahir di tanggal 9 November 1941 dan lebih dulu berkecimpung di dunia musik. Adik nya John Fogerty lahir di tanggal 28 Mei 1945. Mereka berdua menyukai musik dan memiliki band masing-masing.

Sewaktu SMA, Tom Fogerty membuat band Spider Webb and The Insects dengan teman-teman SMA nya. Band nya tersebut langsung ditawari rekaman oleh Del-Fi Records namun tak lama kemudian band nya bubar dan tidak merilis karya apapun.

Tom tak putus asa untuk bermusik dan akhir nya ia bergabung di band The Blue Velvets yang didirikan oleh John Fogerty adik nya sendiri. The Blue Velvets menandatangani kontrak dengan  Orchestra Records ditahun 1961 dan merekam 3 single yang penjualan nya kurang sukses.

The Blue Velvets merubah nama nya menjadi The Golliwogs setelah mereka menandatangani kontrak dengan Fantasy Records. The Golliwogs merekam 7 single yang penjualan nya juga kurang sukses.

Saat itu John Fogerty ditugaskan menjadi vokalis utama dan Tom Fogerty yang tadinya vokalis utama menjadi gitar rhythm. Tom Fogerty mengalah dan merelakan  posisi nya tersebut karena sang adik lebih mempunyai suara yang ber-karakter.

Tahun 1966, John Fogerty dan Doug Clifford mendapat surat panggilan wajib militer dan memaksa The Golliwogs libur berkarya. John Fogerty menerima panggilan wajib militer tersebut yang sedia nya akan ditugaskan di Vietnam.

Namun John Fogerty memilih bergabung di Angkatan Darat Amerika dan tidak jadi berangkat ke Vietnam karena ia hanya ditugaskan di Amerika. Disaat John Fogerty dan Stu Cook menjalani tugas militer nya, Saul Zaentz membeli saham Fantasy Records sepenuhnya.

John Fogerty diperbolehkan untuk pulang  dari Angkatan Darat di Bulan Juli 1967. Tak lama kemudian Doug Clifford juga dibebastugaskan dari militer.

Mendengar John Fogerty dan Doug Clifford sudah tidak menjalani tugas militer nya, Saul Zaentz mengajak mereka berdua untuk kembali bermusik dan akan membiayai pembuatan album. Mereka berdua menerima ajakan Saul Zaentz dan Tom Fogerty diajak lagi untuk bergabung di band.

Saul Zaentz menyarankan nama band The Golliwogs diganti. Disaat personil The Golliwogs masih memikirkan nama band yang baru, Stu Cook bergabung lagi di band dan ikut menyumbang saran untuk nama band yang baru.

Awal nya mereka menyarankan nama Muddy Rabbit, Gossamer Wump dan Creedence Nuball and the Ruby. Saul Zaenzt agak setuju dengan nama band yang diusulkan yang terakhir namun ia menyarankan mereka untuk menyempurnakan lagi nama band nya.

Setelah berdiskusi mencari nama band yang cocok, akhir nya mereka sepakat merubah nama band menjadi Creedence Clearwater Revival.

Kata "Creedence" nya diambil dari nama depan teman baik nya dan rekan kerja nya John Fogerty dulu lalu kata "Clearwater" diambil dari sebuah iklan bir dan kata "Revival" diartikan sebagai kembali nya mereka bermusik dan fokus bermusik.  

Saul Zaentz menerima dan menyukai nama band yang baru dan C.C.R (singkatan Creedence Clearwater Revival) mempersiapkan album baru dibawah naungan Fantasy Records.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x