Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu... Musisi dan Creative Concept

Lead Vocal and Guitarist Bunker 225, Creative Concept. Classic Rock 50's - early 90's maniac

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Roy Buchanan, Gitaris Terbaik yang Terlupakan dan Warisan Blues-nya

26 November 2019   02:25 Diperbarui: 1 Desember 2019   15:33 0 2 0 Mohon Tunggu...
Roy Buchanan, Gitaris Terbaik yang Terlupakan dan Warisan Blues-nya
Gitaris Roy Buchanan | sumber ilustrasi: roybuchanan.org

Roy Buchanan? Mungkin banyak orang yang kurang tahu dengan musisi yang satu ini. Ketika saya nongkrong dan mengobrol di Warung Kopi dengan rekan-rekan yang punya selera musik yang sama pun tidak tahu dengan nama Roy Buchanan.

Ya namanya memang kurang familiar namun teknik dan skill gitarnya mempengaruhi gitaris-gitaris terbaik di dunia. Siapakah si Roy ini? Apa musuhnya si doel di sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang kepalanya botak?

Roy Buchanan yang memiliki nama Leroy Buchanan ini lahir di Ozark, Arkansas, Amerika Serikat 23 September 80 tahun yang lalu. Sejak kecil ia sudah tertarik dengan musik terutama musik-musik yang dimainkan oleh orang-orang Amerika kulit hitam.

Roy menyukai musik-musik blues dan mulai belajar gitar dari ia berumur 7 tahun. Roy mulai memainkan gitar listriknya di awal 50an yang kala itu Leo Fender si pembuat gitar merk Fender baru merilis gitar Fender Telecaster.

Ketika Roy berumur 13 tahun, ia bekerja sebagai tukang cukur rambut paruh waktu yang uangnya ditabung untuk membeli gitar Battered Fender Telecaster.

Suatu hari ketika Roy sedang mencukur rambut pelanggannya, ia melihat seseorang menenteng gitar yang dia suka lewat dekat tempat ia bekerja. Roy langsung mendekati seseorang tersebut tanpa ragu dan memulai pembicaraan.

Roy dan seseorang yang menggangu konsen nya Roy ketika bekerja ini akhirnya sepakat melakukan barter dengan gitar Fender Telecaster warna ungu milik Roy. Akhir nya Roy mendapatkan gitar impiannya dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan fokus bermusik.

Setelah ia berhasil mendapatkan gitar impiannya itu, Roy merantau ke Los Angeles untuk menggapai cita-citanya menjadi gitaris yang hebat. Di umur nya yang ke 15 ia sudah menjadi gitaris profesional.  Karir profesional nya dimulai ketika diri nya bergabung di band Johnny Otis.

Di Los Angeles, Roy belajar gitar lagi dengan Jimmy Nolen, Pete Lewis dan Johnny Watson supaya makin mahir lagi. Roy menghabiskan pertengahan 50an hingga awal 60an bermusik dengan band yang ia buat yaitu The Heartbeats.

Roy mendapatkan kesempatan untuk rekaman pertama di tahun 1958. Roy Buchanan berkolaborasi bersama Dale Hawkins merekam lagu  "My Babe" yang sudah dirilis sebelumnya oleh Little Water ditahun 1955.

Dua tahun kemudian setelah Roy Buchanan dan Dale Hawkins merekam lagu "My Babe" dan sedang melakukan tour di Kanada, Roy keluar dari projek musiknya Dale Hawkins dan bergabung dengan band sepupu Dale yaitu Ronnie Hawkins.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x