Mohon tunggu...
didik haryadi
didik haryadi Mohon Tunggu... analisis statistik basket

Membahas tentang bolabasket melalui analisis statistik

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Membedah Gaya Permainan Zion Williamson

10 April 2020   13:51 Diperbarui: 10 April 2020   13:55 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membedah Gaya Permainan Zion Williamson
Sumber Gambar : www.essentiallysports.com

Pada malam pemilihan NBA draft tahun 2020, terdapat satu pemuda yang berpotensi akan menjadi wajah masa depan NBA, yaitu Zion Williamson. Bukan tanpa alasan Zion mencuri perhatian. Ia memiliki modal penting, yaitu permainan efisien dengan berada di peringkat tiga NCAA dan satu ACC dalam hal efisiensi untuk pemain yang memiliki lebih dari 10 penguasaan per pertandingan.

New Orleans Pelicans yang memiliki hak pilih pertama tanpa ragu memilih Zion untuk menggantikan superstar Pelicans, Anthony Davis. Namun, cedera di NBA Summer League membuat para fans Pelicans harus lebih sabar menanti sang anak ajaib untuk melakukan debut di musim regular.

Penantian itu pun tiba, tepatnya 22 Januari 2020 per waktu setempat, Zion melakukan debut ketika Pelicans melawan tim legendaris, San Antonio Spurs. Setelah debut tersebut, Zion mampu melanjutkan perjalanannya di NBA dengan total bermain 19 pertandingan.

Play Type Zion Williamson
Play Type Zion Williamson

Post-Up

Post-up merupakan gaya bermain Zion yang paling banyak digunakan. Ia menggunakan 21,5 persen penguasaan dengan post-up. Efisiensi serangan yang dihasilkan mendekati 1 angka pada setiap penguasaan.

Post Up Chart Zion Williamson (sumbe: synergysportstech.com)
Post Up Chart Zion Williamson (sumbe: synergysportstech.com)

50 persen penguasaan Zion berasal dari sisi left block. Kebiasaan yang dilakukan Zion ketika berada di sisi left block yaitu, 45,2 persen akan melakukan faces up, 42,9 persen akan berputar ke sebelah kanan, 7,1 persen akan berputar ke sebelah kiri, dan 4,8 persen akan melakukan post pin.

Faces-up memiliki efisiensi serangan diatas rata-rata. Efisiensi serangan faces up diperoleh dengan cara melakukan drives baseline atau drives middle. Sedangkan ketika melakukan gerakan ke arah kanan atau kiri, efisiensi yang dimiliki berada di rata-rata.

Efisiensi serangan di sisi right block sebenarnya lebih tinggi dibanding sisi left block, namun penguasaan yang dimiliki hanya 29,8 persen. Cara yang dilakukan untuk memperoleh efisiensi serangan juga masih sama yaitu melakukan faces-up lalu diteruskan denga drives baseline atau drives middle. 

Area cat menjadi area dengan penguasaan post-up terendah. Ia memiliki 20,2 persen penguasaan dengan efisiensi serangan 1,1 pada setiap penguasaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN