Mohon tunggu...
didik haryadi
didik haryadi Mohon Tunggu... analisis statistik basket

Membahas tentang bolabasket melalui analisis statistik

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Analisis Kemenangan Boston Celtics atas Toronto Raptors di NBA Musim Kompetisi 2019-20

26 Oktober 2019   13:30 Diperbarui: 26 Oktober 2019   14:09 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Kemenangan Boston Celtics atas Toronto Raptors di NBA Musim Kompetisi 2019-20
Sumber Gambar (www.lineups.com)

Tuan rumah Boston Celtcis meraih kemenangan pertama NBA musim kompetisi 2019-20, setelah mengalahkan juara NBA musim kompetisi 2018-19, Toronto Raptors, dengan skor 106-112. Pertandingan berjalan ketat. Terjadi 19 kali pergantian keunggulan dan 12 kali keadaan dengan skor yang sama. Pada kuarter empat menit 5:16, Celtics berhasil keluar dari tekanan Raptors setelah assists Walker berhasil dimaksimalkan oleh Grant Williams. Setelah keunggulan tersebut, Raptors tidak dapat mengejar ketertinggalan.

Perbandingan Empat Faktor Kemenangan Celtics dan Raptors
Perbandingan Empat Faktor Kemenangan Celtics dan Raptors

Raptors mempunyai keunggulan paling penting untuk meraih kemenangan, yaitu efektitas tembakan (eFG%). Raptors memiliki eFG% 59%, sedangkan Celtics memiliki eFG% 45%. Area tiga angka menjadi sumbangan angka tertinggi bagi Raptors. Pada area tersebut, Raptors memiliki efektivitas tembakan diatas rata-rata liga, yaitu 50% dari 36 upaya tembakan tiga angka. Hanya 1 area yang memiliki efektivitas tembakan dibawah rata-rata liga, yaitu area semi-circle. Sebaliknya, tidak ada satu area tembakan dari Celtis yang memiliki efektivitas tembakan diatas rata-rata liga.

Walaupun demikian, Celtics mempunyai kesempatan menghasilkan angka yang lebih tinggi dibanding Raptors. Rendahnya offensive rebound dan tingginya turnover Raptors menjadi faktor Celtics untuk memperoleh kesempatan menghasilkan angka yang lebih tinggi. Ironisnya, pada kuarter empat menit 5:16, dalam keadaan tertinggal, jumlah defensive rebound yang dimiliki Raptors lebih rendah dibandingkan offensive rebound yang dimiliki Celtics dan Raptors memiliki 4 turnover. Tingginya offensive rebound dan rendahnya turnover menjadi faktor kemenangan Celtics atas Raptors.

Performa Jayson Tatum Pada Saat Clutch Time
Performa Jayson Tatum Pada Saat Clutch Time

Jayson Tatum (25 pts, 9 reb, 4 ast) semakin menunjukkan kematangan untuk menjadi pemimpin di Celtics. Hal tersebut ditunjukkan pada saat clutch time. Tatum dapat bermain sangat efisien. Dia memiliki efisiensi serangan 1,1 angka pada setiap penguasaan dengan menggunakan 14,3% USG%. Efektivitas tembakan dan assists menjadi faktor tingginya efisiensi serangan. Tatum memiliki 5 angka, dimana 3 angka berasal dari area tiga angka dengan efektivitas tembakan 100% dan 2 angka berasal dari tembakan bebas dengan efektivitas tembakan 100%. Peran fasilitator diperlihatkan dengan sumbangan 2 assists beruntun yang berujung tembakan tiga angka dari Hayward dan Brown.

Grants Williams (4 pts, 7 reb, 4 ast), bermain selama 21 menit 53 detik, memiliki selisih efisiensi bersih tertinggi. Meskipun hanya memiliki 4 pts, efisiensi serangan yang dimiliki Williams menjadi yang tertinggi dibandingkan pemain Celtics. Peran Williams dalam efisiensi serangan diperlihatkan pada performa offensive rebound dan assists. Dia menjadi kontributor utama offensive rebound dengan memiliki 6 offensive rebound. Jumlah asissists yang dimiliki juga sama dengan yang dimiliki Tatum, yaitu 4 assists. Sedangkan peran Williams dalam hal bertahan diperlihatkan di restricted area. Dia merupakan pemain yang paling berperan dalam rendahnya efektivitas tembakan Raptors di restricted area. Williams hanya kemasukkan 5 tembakan dari 12 upaya tembakan di restricted area.

Tingginya offensive rebound dan rendahnya turnover menjadi faktor kemenangan Celtics atas Raptors, Semakin matangnya pasukan muda Celtics, terutama Jayson Tatum, pada waktu krusial menunjukkan Celtics siap untuk menjadi wakil wilayah timur di final NBA musim kompetisi 2019-20.

VIDEO PILIHAN