Mohon tunggu...
BASUKI TRI ANDAYANI
BASUKI TRI ANDAYANI Mohon Tunggu... Lainnya - Praktisi Komunikasi

Praktisi Humas (Public Relations) salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan sejak November 2013. Pemegang sertifikat kompetensi : 1. Expert Public Relations (BNSP-2015), 2 Executive Public Relations (BNSP-2021). Peraih penghargaan : 1. Best Presenter PR Indonesia Award 2021, 2. Tokoh PR Berpengaruh 2021 versi MAW Talks, 3. Tokoh Pemimpin PR Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi, 4. Top Ten Corporate Communications of The Year 2022 BCOMSS Awards Kementerian BUMN, 5. Indonesian Most Prominent PR Persons Award 2022 versi The Iconomics 6. Indonesian Top PR Leader Award 2022 versi Warta Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Money

Bergerak, Memimpin, dan Meneladani

25 Januari 2022   11:41 Diperbarui: 25 Januari 2022   11:42 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Berhenti, tak ada tempat di jalan ini

Sikap lamban berarti mati

Mereka yang bergerak, merekalah yang maju ke muka

Mereka yang berhenti, sejenak sekalipun pasti tergilas

(Sir Muhammad Iqbal)

Kepemimpinan sejati adalah keteladanan. Pikiran, ucapan dan tindakan seorang pemimpin merupakan inspirasi bagi anggotanya. Keselarasan pikiran, ucapan dan tindakannya menjadi cermin serta menjadi teladan bagi anggotanya. Oleh karena itu seorang pemimpin yang baik senantiasa memberikan tuntunan, bukan sekedar tontonan.

Hal tersebut ditunjukkan oleh Direktur Utama PT Pegadaian, Bapak Kuswiyoto. Pak Kus, begitu beliau dipanggil, sejak awal bertugas sebagai nahkoda Pegadaian selalu menegaskan bahwa setiap karyawan adalah seorang pemasar. Bahkan untuk memotivasi karyawan agar terus memasarkan produk, beliau meluncurkan program "Employee Get Customer". Kepada karyawan yang memberikan kontribusi terbaik dalam peningkatan jumlah nasabah dan peningkatan outstanding loan, diberikan apresiasi.

Tidak cukup sampai di situ, Pak Kus juga memasarkan langsung produk-produk Pegadaian kepada keluarga, sahabat maupun koleganya. Dalam berbagai kegiatan yang dihadiri para Direksi BUMN, Pak Kus selalu berhasil menggaet nasabah baru. Para petinggi BUMN yang tertarik dengan presentasi beliau tak segan-segan untuk bergabung menjadi nasabah Pegadaian dengan menabung atau berinvestasi logam mulia.

Begitu pula dengan kolega pak Kus yang lain. Kalangan artis papan atas tanah air juga tak luput dari bidikan beliau. Sebagai seorang pemasar sejati, beliau sangat jeli menangkap potensi. Terakhir, dalam kegiatan di beberapa kota beliau selalu melakukan audiensi dengan para pejabat, pengusaha bahkan "crazy rich" setempat. Hasilnya banyak diantara mereka mereka melakukan transaksi produk tabungan dan investasi emas.

"Untuk mendapatkan ikan yang besar, diperlukan umpan yang sepadan", begitu kata pepatah. Apa yang dilakukan Pak Kus membawa hasil. Calon nasabah yang diprospek sama beliau akhirnya mengakses produk tabungan/investasi emas dengan satuan tidak lagi gram, melainkan kilogram. Dalam sebuah kesempatan pernah terjadi closing seberat 6 kg emas.

Insan Pegadaian semestinya meneladani apa yang dilakukan oleh Pak Dirut. Semua karyawan apapun tugas pokoknya, harus menjiwai marketing spirit agar keberlanjutan perusahaan tetap terjaga di masa depan. Program Employee Get Customer harus disukseskan oleh semua orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun