Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

CRM, Metode Strategi Bisnis Modern Untuk Bisnis Makin Maju

28 Juni 2022   09:51 Diperbarui: 28 Juni 2022   10:11 40 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
CRM sebagai strategi bisnis (sumber: gokampus.com)

CRM Sebagai Strategi Bisnis Yang Wajib Anda Gunakan

Perusahaan kini memahami hubungan antara perusahaan dan pelanggan sangat penting. Oleh sebab itu, tiap perusahaan semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan pelanggan mereka. Salah satu cara yang dilakukan dengan metode CRM sebagai strategi marketing bisnis.

CRM untuk marketing sendiri merupakan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi mutakhir. Pemanfaatan teknologi ini berperan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan Anda. Di sisi lain, proses penjualan perusahaan Anda menjadi lebih mudah.

Di sisi lain, produktivitas perusahaan Anda makin meningkat. Penjualan pun berkembang pesat. Tentu hal itu menjadi dambaan tiap pebisnis. Salah satunya Anda bukan?

CRM Sebagai Strategi Marketing Untuk Optimalkan Bisnis Anda

CRM bisa menjadi strategi marketing yang bisa Anda terapkan. Faktanya, beragam manfaat CRM mampu meningkatkan bisnis dengan optimal.

Nah, lantas bagaimana metode pendekatan CRM sebagai strategi marketing untuk meningkatkan bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melakukan Pendekatan Personal dan Segmentasi Pelanggan

Di dalam software CRM, seluruh data informasi pelanggan dapat dianalisis sesuai kebutuhan pelanggan. Tiap aktivitas pembelian pelanggan terekam dengan baik. Hal ini memungkinkan staf Anda dapat melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Data Terpusat Pada Satu Sumber

Banyaknya infomasi dari berbagai sumber membuat data perusahaan Anda terpencar-pencar. Jika ingin mencari informasi terkait pelanggan, staf Anda pasti akan merasakan kesulitan.

Dengan aplikasi CRM, keseluruhan data dapat terpusat dalam satu sumber. Staf Anda tidak perlu repot mencari data di tumpukan dokumen atau di file yang berbeda-beda lagi.

3. CRM Mampu Menganalisis Kebutuhan Pelanggan

Sistem CRM mencatat seluruh aktivitas pembeli Anda dari berbagai platform. Dari hasil seluruh aktivitas tersebut, Anda bisa melihat apa saja yang menjadi minat pembeli Anda, termasuk kebutuhan mereka.

4. Mengintegrasi Berbagai Saluran Komunikasi Dalam Satu Halaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan