Mohon tunggu...
Banyumas Maya
Banyumas Maya Mohon Tunggu... Karena Berbagi Tak Pernah Rugi, Teruslah Berkarya

Anak desa yang bersahaja mencoba Belajar Menulis Menjadi Pewarta Warga [Citizen Journalism]

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mesem Sumeh Rejekine Akeh

1 Desember 2012   22:45 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:20 763 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mesem Sumeh Rejekine Akeh
1354402689512723747

Hidup di desa menjadikan kita harus selalu berinteraksi sosial dengan masyarakat. Tetangga seperti tak ada tembok pembatas layaknya di perumahan elit di kota-kota. Nuansa gotong royong yang semakin memudar di masyarakat Indonesia masih terjaga dan dapat anda temukan di pedesaan. Terlihat damai dan ceria tatkala anak-anak kecil bermain bersama berlari-lari tak pasti menikmati permainan tradisional yang sekarang jarang sekali ditemui.

[caption id="attachment_212396" align="aligncenter" width="606" caption="Asyiknya Hidup di desa"][/caption]

Banyumas memiliki budaya yang sangat menarik. Karena memiliki nilai historis daerah perdikan dan keterpihakan pada masa silam terhadap kerajaan-kerajaan yang ada baik kesultanan pajang, mataram, sampai jogja dan solo. Keberagaman warna, tutur dan kosa kata menjadikan banyumas memiliki daya tarik tersendiri dengan Logat basa jawa banyumasan. Ada beberapa orang yang menyebutkannya dengan logat ngapak.

Walaupun sebenarnya ngapak menurut kang Ahmad tohari itu tidak ada, yang ada hanyalah bahasa jawa dialek banyumasan. Awal mula ngapak sebenernya merupakan ejekan atau celaan dari daerah lain. Namun seolah kata ngapak telah menyatu dalam ragam banyumasan.

13544023331903235879
13544023331903235879

Loh kok jadi ngelantur ndak jelas, hehe... :-) ayo kembali ke desa. Menikmati keindahan alam serta keramahan masyarakat pedesaan. Ketika masuk ke dalam asyiknya suasana di desa kita akan sering mendengar kata atau ungkapan Mesem sumeh rejekine akeh, prengat-prengut rejekine larud. Tersenyum ramah rejekinya banyak, tapi kalau cemberut maka rejekipun surut.

Nasihat jawa yang terlihat sederhana namun pasti berefek yang sangat luar biasa. Yang menyiratkan agar kita supaya selalu ramah  dan menjauhkan diri dari sifat pemarah. Ramah dan sopan terhadap kawan ataupun lawan. Apalagi terhadap kompasianer harus saling menghargai dan menghormati. Ayo bagi yang capek dengan pekerjaan mari kita melepas penat dengan berwisata atau pulang ke desa atau kampung halamannya. Visit desa wisata akan ikut menyukseskan visit jateng 2013.

Oh iya hari ini ada grebeg suran loch di baturraden Banyumas. ayo bagi yang pengin berpartisipasi, ikut nonton dan menikmati ragam budaya dan aneka kesenian serta landscape keindahan alam baturaden banyumas. rencana hari ini juga ada opening visit jateng 2013 loch. Selamat berakhir pekan dan mari kita tersenyum. Karena esemmu gawe tresno marang sliraku.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x