Mohon tunggu...
Bang Uhul
Bang Uhul Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Sipil Semester Akhir

berkelana, membaca, menulis, memelihara kucing kampung.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengapa Harus Menulis?

2 Juni 2020   06:45 Diperbarui: 2 Juni 2020   06:42 114 19 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Harus Menulis?
Pict : olahan pribadi, sumber asli diambil dari pikiran-rakyat.com

Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian ide atau gagasan melalui media tulisan. Dizaman yang semakin berkembang dan modern saat ini menulis bukan lagi hanya sekedar hobi atau kegiatan belajar tapi menulis telah menjadi profesi bahkan keahlian. Kemampuan menulis sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang atau apapun profesi didunia ini, tujuan menulis pun beragam, mulai dari tuntutan pekerjaan, sumber penghasilan, bahkan sekedar cara berbagi pengalaman atau hanya sebagai catatan pribadi.

Dengan perkembangan media social dan informasi saat ini menulis bukan lagi menjadi hal sulit, karena siapapun bisa melakukannya dan sangat mudah sekali untuk disampaikan kepada orang lain untuk dibaca. Penulis pun bermunculan hingga menjadi kebiasaan bahkan trend bagi sebagian orang bahwa melalui tulisan kita bisa lebih mudah berbagi kepada sesama apapun bidang keahlian kita.

Banyak hal yang bisa kita mulai dan bagikan kepada sesama melalui tulisan, berbagi tips dan trik bermanfaat, informasi terkini, pengalaman hidup, hingga opini tentang isu terhangat mudah kita lakukan.

Saya pribadi mulai latihan untuk konsisten menulis sejak beberapa bulan belakangan, walaupun tulisan saya masih berupa blog pribadi yang berisi catatan-catatan kecil yang hari ini pun tak banyak dibaca orang lain, saya menyadari banyak manfaat dari menulis dan berharap menulis akan terus menjadi kebiasaan baik selama hidup ini. Beberapa alasan saya mengapa menulis adalah sebagai berikut.

1. Mengabadikan momen

Setiap orang tentu mempunyai banyak momen penting dalam hidup mereka, entah itu baik atau buruk yang terpenting kita bisa ambil pelajaran dari momen tersebut.

2. Memacu diri untuk banyak membaca

Sesorang yang hebat dalam membuat tulisan bisa dipastikan mereka yang banyak membaca. Membaca akan membuat sesorang mudah dan banyak referensi pengetahuan untuk dituangkan dalam tulisan.

3. Melatih kepercayaan diri

Selama ini saya menyadari banyak kekurangan dalam diri saya pribadi, melalui tulisan saya berusaha memberanikan diri bersuara menyampaikan pemikiran yang mungkin sulit untuk saya sampaikan melalui lisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN