Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Tenaga Profesional Pramuwisata Dibekali dengan Pembekalan SDM

6 Oktober 2021   19:47 Diperbarui: 6 Oktober 2021   19:58 63 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pramuwisata  handal menjadi ujung tombak dalam menyambut kebangkitan pariwisata. 

Pramuwisata atau biasa disebut pemandu wisata menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam menyongsong kebangkitan pariwisata setelah pandemi. Tenaga handal pemandu wisata menjadi syarat mutlak untuk menyambut wisatawan dan pelaksana kegiatan wisata. Sebagai persiapan untuk maksud diatas Disporapar Jateng dan Disparbud Banjarnegara menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Ekowisata untuk pokdarwis dan desa wisata di Pikas dari tanggal 5 - 7 Oktober 2021.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Sebanyak 30 peserta pelatihan dibekali teori dan praktek  dari trainer-trainer pemandu wisata handal yang dimiliki DPD HPI Jateng. Pembekalan materi sesu as i standard SKNI mulai dari Bekerja sebagai pemandu,  Mengembangkan dan memelihara pengetahuan yang dibutuhkan oleh pemandu ekowisata, Kompetensi dalam melaksanakan kepemanduan ekowisata,  Kompetensi dalam melaksanakan kepemanduan ekowisata,  Membangun interaksi komunikasi dengan wisatawan, Menyiapkan dan menyajikan informasi kepemanduan ekowisata, Membangun etika sebagai pemandu ekowisata sebagai standard pribadi dan Interpretasi dalam kepemanduan ekowisata. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dengan beragam materi dan praktik yang diberikan diharapkan mereka mumpuni dalam menghandle wisatawan. Diprediksi selepas pandemi banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke desa wisata. Desa wisata dipandang mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang haus liburan, melepas kepenatan dengan menikmati keindahan desa dan kearifan lokal yang dimiliki setiap desa wisata. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan