Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Awas Ada Copet, Bagaimana Cara Menghindarinya?

16 Juni 2021   21:13 Diperbarui: 16 Juni 2021   21:26 34 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awas Ada Copet, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Dok. Mediacorp

Bagaimana rasanya kalau kita bepergian apalagi diluar kota, terus kecopetan? Berbagai perasaan berkecamuk ada marah, kesel, bingung, panik dan dongkol. Hal ini sangat wajar kalau yang dicopet adalah dompet yang berisi uang, ATM, SIM, STNK dan surat penting lainnya. Otomatis dengan kehilangan dompet akan mengganggu aktivitas bepergian kita juga setelahnya harus menghubungi berbagai pihak untuk melaporkan kehilangan dan juga mengurus penggantinya.

Pengalaman tersebut sangat membekas dan tidak terulang lagi. Hendaklah kita berhati-hati di pusat-pusat keramaian seperti pasar, stasiun, terminal, pasar malam atau pun didalam kendaraan umum. Para pencopet semakin canggih dalam melaksanakan aksinya mengikuti trend yang ada di masyarakat. Penampilan rapi dan necis, kelihatan inteleks,  wangi dan menggunakan smartpone canggih sehingga banyak yang terkecoh.  Yuk ikuti tips agar terhindar dari aksi pencopetan. 

  1. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan jika bepergian apalagi menggunakan kendaraan umum.  Karena berpenampilan yang mencolok akan menarik perhatian pencopet atau penjambret. 
  2. Jika berada di pusat keramaian seperti terminal jangan kelihatan seperti orang kebingungan karena akan menjadi sasaran empuk. Jika kita kebingungan atau mau bertanya bertanyalah pada petugas atau aparat keamanan. 
  3. Jika bepergian sendirian dan dalam kendaraan umum, waspada pada orang yang tidak kita kenal,  apalagi jika memberikan sesuatu. Hendaknya jangan mencari tempat duduk sendirian tetapi carilah yang berkelompok untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. 
  4. Jangan menaruh uang semuanya didompet tetapi taruh juga disaku atau tas. Agar ketika sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi kita tidak bingung karena masih ada uang di tempat lain.
  5. Selalu waspada dimanapun berada dan menjaga sikap. Semua dikembalikan pada diri kita. Jika kita bersikap baik Insha Allah kita akan baik-baik juga.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat sebagai bekal perjalanan kita agar terhindar dari pencopetan. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN