Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pendidikan untuk Anak Perempuanku, untuk Bekal Masa Depanmu

4 April 2021   19:57 Diperbarui: 4 April 2021   20:13 81 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan untuk Anak Perempuanku, untuk Bekal Masa Depanmu
Dok. Pixabay

Masalah pendidikan adalah hal yang utama dalam keluarga, sebisa mungkin sampai ke jenjang yang paling tinggi. Bukan tanpa alasan, tetapi aku memandang pendidikan adalah bekal untuk masa depannya kelak. Tidak jadi masalah nanti dia mau berkarir dimana, sebagai apa tetapi yang terpenting anak-anak harus memperoleh pendidikan yang layak. Karena merupakan hak setiap anak dimuka dunia ini dan warisan yang takan pernah habis.

Di dalam mendidik anak tidak ada perbedaan antara anak lelaki dan perempuan, semua sama saja. Apalagi ketiga anakku semua perempuan, semua punya hak yang sama di dalam memperoleh pendidikan. Penulis menerapkan sistem keterbukaan asal bertanggung jawab pada pilihannya. Silahkan pilih sekolah sesuai yang dia kehendaki, sebagai orang tua memberikan penjelasan tentang plus minus sekolah tersebut serta konsekuensinya.

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay
Tetapi memang ada perbedaan dalam mendidik anak perempuan, karena bagaimana pun pasti ada perbedaan dengan anak laki-laki. Perbedaan tersebut lebih menekankan pada hakikat seorang perempuan kelak ketika sudah dewasa. 
  1. Pendidikan agama sepulang sekolah wajib sebagai pondasi akhlak dan bekal dalam pergaulan agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja. 
  2. Pendidikan ketrampilan rumah tangga seperti memasak, bikin kue, menyulam, menjahit sebagai bekal kelak menjadi ibu rumahtangga.
  3. Pendidikan olahraga seperti bela diri, berenang, volley, bulutangkis, basket atau beladiri sebagai pengembangan bakat, mendidik jiwa sportifitas dan juga berinteraksi dengan teman-teman. 
  4. Pendidikan kesenian untuk mengembangkan kreativitas seni seperti musik, teater, tari, melukis termasuk ketrampilan dibidang tekhnologi atau hasta karya.

Pendidikan anak perempuan memang lebih spesifik karena kodratnya. Bukan untuk membedakan secara gender tetapi lebih pada peran ganda perempuan dalam karir dan keluarga. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN