Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenang Beberapa Laga Menarik Piala Dunia Dari Masa Ke Masa

15 November 2022   08:10 Diperbarui: 15 November 2022   08:22 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://sport.detik.com/sepakbola/foto-sepakbola/d-4128508/10-momen-tak-terlupakan-di-piala-dunia-2018)

Gelaran piala dunia memang selalu menghadirkan banyak kejutan. Sejak dilaksanakan tahun 1930, piala dunia seakan telah menjadi gelaran atau kompetisi empat tahunan yang ditunggu-tunggu oleh semua pemain sepakbola professional seluruh dunia. Maka dari itu, tak heran jika cita-cita untuk bermain di pentas piala dunia adalah nazar yang harus dibayar jika berhasil berlaga di ajang akbar tersebut. Sedikit membahas tentang gelaran piala dunia, tentu kita akan mengingat banyak momen menarik yang layak dikenang dan menjadi cerita untuk anak cucu kala pesta piala dunia akan digelar setiap edisinya. Mulai dari maskot piala dunia, laga-laga menarik, gol-gol terbaik dan berkelas, pemain terbaik, penghargaan terbaik, hingga momen duka dan dramatis yang tercipta salam gelaran tersebut berlangsung.

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama mengulas apa saja pengalaman menarik yang pernah terjadi dalam ajang piala dunia dari masa ke masa. Sekedar catatan, momen menarik yang saya ambil tentu tak semuanya. Hanya beberapa saja yang menurut saya itu ikonik dan menarik untuk dibahas. Momen tersebut tentunya telah menjadi pengalaman sekaligus sejarah pertandingan yang tak mungkin dapat dilupakan begitu saja. Bagaimanakah ulasannya, berikut sajiannya.

Italia VS Amerika Serikat (1934)

(https://bola.okezone.com/read/2022/10/26/51/2694855/kilas-balik-piala-dunia-1934-tampil-superior-timnas-italia-juara-dunia-untuk-pertama-kalinya)
(https://bola.okezone.com/read/2022/10/26/51/2694855/kilas-balik-piala-dunia-1934-tampil-superior-timnas-italia-juara-dunia-untuk-pertama-kalinya)

Ini adalah salah satu gelaran piala dunia yang menurut sebagian orang cukup menggelikan. Mengapa demikian, adalah isu promosi ideologi fasisme yang gencar di Eropa maka dari itulah gelaran piala dunia pada saat itu dianggap sebagai momen yang tepat untuk menyebarkan ideologi fasisme. Selain itu, keberpihakan wasit terhadap timnas Italia pun danggap begitu ketara pada saat itu. Namun, semua seakan tak terbukti karena pada saat itu kamera yang digunakan juga belum secanggih sekarang. Pada laga Italia VS Amerika Serikat ada salah satu momen yang tak akan terlupakan yakni kala wasit dan para asistennya yang memimpin jalannya laga pada saat itu justru memberikan penghormatan khas ala Nazi kepada Musolini selaku pemimpin Nazi pada saat itu.

Brazil VS Swedia (1958)

(https://www.sportco.io/article/fifa-world-cup-heroes-pele-1958-324538)
(https://www.sportco.io/article/fifa-world-cup-heroes-pele-1958-324538)

Tahukah anda dengan sosok Pele? ya, ia adalah salah satu legenda sepakbola paling dikenang oleh para pecinta sepakbola seantero jagat raya khususnya oleh masyarakat brazil. Namanya muncul pertama kali kala piala dunia 1958 digelar di Swedia. Pele yang saat itu berusia 17 tahun mampu memberikan persembahan yang manis untuk negaranya sekaligus mengantarkan Brazil merengkuh gelar juara dunia pertama sepanjang sejarah. Awalnya Pele muda hanya tampil sebagai pemain pengganti, memulai debut melawan USSR di Piala Dunia 1958. Pele berhasil menunjukkan bakat alami khas negeri Samba di ajang tersebut. Hasilnya, pada perempat final pemain tersebut mampu mencetak sebuah gol melawan Wales. Setelah itu di semifinal, Pele berhasil membukukan  hattrick saat membantai Prancis dengan skor 5-2. Tak cukup sampai di situ, Pele berhasil menyempurnakan debutnya di piala dunia dengan sebiji gol di partai final dan berhasil membawa tim Samba menang 2-1 atas swedia dan memastikan gelar piala dunia pertama bagi negaranya.

Kolombia VS Amerika Serikat (1994)

(https://www.bolasport.com/read/312208309/on-this-day-tragedi-gol-bunuh-diri-pencabut-nyawa-andres-escobar)
(https://www.bolasport.com/read/312208309/on-this-day-tragedi-gol-bunuh-diri-pencabut-nyawa-andres-escobar)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun