Mohon tunggu...
Bang Amin Gadget
Bang Amin Gadget Mohon Tunggu... Programmer - Service Laptop, Macbook dan Hardisk No 1 di Bandung oleh Ulasan Google

Bang Amin Gadget Sevice Laptop No 1 di Bandung dengan Ulasan dan Rating Service Laptop, Macbook Hardisk No 1 Bandung Cek Ulasan Google Maps

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Ini Bahaya Menggunakan Aplikasi Bajakan yang Mengintai

1 November 2022   21:57 Diperbarui: 1 November 2022   22:09 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Aplikasi bajakan memungkinkan pengguna untuk menggunakan semua fitur yang biasanya hanya didapat dari versi asli. Karena banyak tersedia secara gratis, aplikasi bajakan sering dipilih sebagai alih-alih membeli yang asli, meski sebenarnya terdapat banyak bahaya menggunakan aplikasi bajakan.

Bahaya Menggunakan Aplikasi Bajakan

Bagi para pengguna yang tidak mampu atau tidak mau membeli software asli, aplikasi bajakan dijadikan alternatif untuk dapat menunjang produktivitas. Akan tetapi, di balik mudah dan praktisnya pemakaian tanpa biaya, penggunaan aplikasi bajakan atau crack dapat mendatangkan risiko tersendiri. 

Berikut beberapa bahaya menggunakan aplikasi bajakan:

1. Risiko Diserang Virus atau Malware

Salah satu kelemahan utama dari aplikasi bajakan ialah dari sisi keamanan yang tidak terjamin. Aplikasi dapat disisipi dengan virus atau malware. Ketika aplikasi diinstal pada komputer, maka virus atau malware akan ikut menyerang.

Dampak dari virus ataupun malware dapat bervariasi, mulai dari performa perangkat yang menurun hingga hilangnya data-data yang tersimpan. Tidak berhenti di sana saja, virus dapat menyebabkan program keamanan yang terinstal di komputer terhenti, mengirim spam, bahkan mengunduh lebih banyak malware.

Malware adalah software yang sifatnya merusak dan merugikan sistem komputer. Adanya malware dapat mengakibatkan kinerja CPU menjadi terhambat. Sehingga kerja komputer menjadi lebih lambat bahkan fungsinya bisa terganggu.

Serangan malware juga membawa risiko hacking, di mana sistem dan data yang tersimpan dalam komputer Anda bisa diretas oleh pihak yang tidak dikenal. Akibatnya, terjadi kebocoran akses pada informasi rahasia, seperti transaksi dan password.

2. Risiko Data Hilang

Pada umumnya, orang tidak memikirkan dari mana para pembuat aplikasi bajakan mendapatkan untung. Padahal sebenarnya mereka sudah mengambil keuntungan saat Anda mengunduh aplikasi dan menginstalnya.

Aplikasi bajakan memiliki kemungkinan membawa celah atau backdoor pada perangkat. Dari celah tersebut, pihak luar dapat masuk dan mengambil data-data penting yang tersimpan dalam perangkat Anda. 

Contoh aplikasi bajakan yang berbahaya yaitu aplikasi yang saat hendak diinstal mengharuskan Anda untuk menonaktifkan antivirus. 

3. Tidak Bisa Diperbarui

Konsekuensi lain dari menggunakan aplikasi bajakan ialah tidak bisa melakukan pembaruan. Pengembang selalu menyediakan pembaruan untuk aplikasi versi original. Pembaruan ini dapat meliputi penambahan fitur, peningkatan keamanan, dan perbaikan bug.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun