Mohon tunggu...
Batas Media 99
Batas Media 99 Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bergerak di bidang informasi dan pemberitaan kejadian maupun regulasi terbaru di Republik Indonesia

Batasmedia99 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang informasi dan media dimana tim batas media berpegang teguh kepada 3 prinsip untuk menjunjung berita yang dibuat selaku mengandung unsur tercepat, akurat, dan terpercaya sehingga pembaca dapat memperoleh informasi terbaru dengan valid.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Ribut! Malaysia Klaim Singapura dan Riau Sebagai Wilayahnya

24 Juni 2022   10:08 Diperbarui: 24 Juni 2022   10:24 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Viral. Sumber ilustrasi: PIXABAY/ktphotography

Negeri Jiran Malaysia kini kembali menjadi buah bibir netizen 2 negara anggota ASEAN usai melakukan klaim sepihak wilayah yang diduduki negara terkait.

Klaim tersebut datang dari Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad yang menyampaikan bahwasanya Singapura dan Kepulauan Riau (Kepri) adalah dua wilayah yang masih menjadi milik Malaysia.

mengutip dari laman Straits Times pada kamis 23 Juni 2022, PM Malaysia Tersebut menyatakan bahwa negara Singapura pernah menjadi bagian dari negeri Johor, berdasarkan pernyataan tersebut Mahathir menyampaikan keinginannya untuk kembali menarik Singapura dikembalikan dalam status awalnya yaitu menjadi bagian dari Negeri Jiran Tersebut.

"Tidak ada tuntutan apapun dari Singapura. Malahan, kita memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan baru dari sebuah negara bernama Singapura," katanya.

Pernyataan serupa sebenarnya juga sudah disampaikan oleh Mahathir dalam Kongres Survival Melayu yang diadakan pada hari Minggu 19 Juni 2022 yang diadakan di Selangor, Malaysia.

Dalam Kongres tersebut ia mengatakan bahwa Singapura dan Kepri memiliki hubungan historis sebagai Negara Melayu yang erat dengan Negeri Jiran untuk kembali bersatu.

"Kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu," Ungkap PM Malaysia Tersebut dalam Kongres Survival Melayu yang diadakan pada hari Minggu 19 Juni 2022

Menambahkan sebagai penguat klaim sebelumnya Mahathir menyebut bahwa tanah kekuasaan Malaysia dulu memiliki ukuran yang sangat luas, dimulai dari Thailand lebih spesifik lagi di Tanah Genting Kra hingga mencapai Kepri dan Singapura.

Sebagai penutup PM Malaysia tersebut juga sempat menyinggung perihal klaim melawan Indonesia kepulauan Sipadan dan Ligitan di Kalimantan yang dimenangkan oleh Malaysia, dan juga klaim negeri Jiran melawan Singapura atas Pulau Batu Puteh yang dimenangkan Singapura.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan