Mohon tunggu...
Bambang Herutomo
Bambang Herutomo Mohon Tunggu... Konsultan dan mahasiswa S2 Teologi STT Jaffray Jakarta

Konsultan Pertambangan Batubara dan Mahasiswa S2 Teologi STT Jaffray Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gereja, Arti, dan Tujuan Menurut Alkitab

23 April 2019   21:09 Diperbarui: 27 Agustus 2020   21:29 31314 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gereja, Arti, dan Tujuan Menurut Alkitab
Gereja Santa Theresia (Sumber: Kompas.com/Gabriella Wijaya)

Gereja tidak saja diartikan sebagai rumah peribadatan. Namun gereja juga memiliki arti dan tujuannya berdasarkan Alkitab.

Kata Church dalam Bahasa Inggris berhubungan dengan kata kirk dalam Bahasa Skotlandia dan kirche dalam Bahasa Jerman. Semua istilah ini berasal dari kata Yunani kuriakon. Bentuk ajektif netral dari kurios ("Lord"), berarti "dari Tuhan".

Istilah church juga diterjemahkan dari kata Yunani ekklesia, yang berasal dari kata ek, berarti "keluar dari," dan kaleo yang berarti " memanggil." Jadi gereja adalah "suatu kelompok yang dipanggil keluar."

Ekklesia

Tuhan Yesus adalah pertama kali memakai ekklesia dalam Perjanjian Baru, dan Ia memakai kata itu untuk menunjuk murid-murid yang ada bersama dengan Dia, Matius 16 : 8.

Dan para murid itu mengenal Dia sebagai Tuhan, serta menerima prinsip-prinsip Kerajaan Allah. Mereka adalah ekklesia dari Mesias, Israel yang sejati.

Pada masa berikutnya, sebagai hasil dari perluasan Gereja, kata ekklesia ini mendapat pemakaian yang lebih luas.

Gereja-gereja lokal didirikan di mana-mana, dan semua itu disebut sebagi ekklesiai, sebab mereka itu memanifestasikan Gereja Kristus yang Universal.

Kapan gereja dimulai? Meskipun sebagian menyatakan bahwa gereja sudah ada di Perjanjian Lama, suatu penyelidikan dari Perjanjian Baru mengindikasikan gereja adalah suatu lembaga tertentu yang tadinya belum ada. Di Matius 16:18, Yesus mengatakan "Aku akan mendirikan jemaat-Ku."

Mengindikasikan pembangunan gereja itu terjadi di waktu yang akan datang. Perkataan Yesus ini penting dan menekankan bahwa gereja belum ada pada waktu Yesus mengatakannya. Ia memprediksikan tentang pembangunan gereja-Nya di masayang akan datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x