Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari dan menemukan cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Homo Oeconomicus (5)

8 November 2022   20:17 Diperbarui: 9 November 2022   12:33 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Homo Oeconomicus/dokpri

Apa Itu Homo Oeconomicus (5)

Ilmu politik  berurusan dengan pendekatan pilihan rasional sejak akhir 1980-an, yang menurutnya "pilihan individu dari tindakan alternatif didasarkan pada perhitungan ekspektasi biaya dan manfaat berdasarkan urutan preferensi yang diberikan". 

Pendekatan ekonomi dalam menimbang biaya dan manfaat membawa serta model dasar manusia tertentu yang menjadi fokus pekerjaan saya: homo oeconomicus . Model ini tidak hanya mengacu pada pemilih dan politik, tetapi pada semua bidang kehidupan di mana keputusan harus dibuat.

Berikut ini akan dijelaskan diskursus dasar homo oeconomicus dan atribut-atributnya. Terakhir, saya ingin menjelaskan sejauh mana model dasar homo oeconomicus dapat diterapkan pada siswa saat ini. Jumlah siswa terus meningkat di abad 21, sehingga cukup menarik untuk melihat di daerah mana anak-anak muda ini bertindak sesuai dengan model dasar. 

Masa studi berfungsi sebagai orientasi dan saat ini semakin banyak kesempatan terbuka untuk para mahasiswa dikampus. Sejumlah besar mata pelajaran di universitas yang berbeda, jalur untuk bekerja, magang, tinggal di luar negeri dan situasi kehidupan membawa lebih banyak situasi pengambilan keputusan. Di atas segalanya, mereka yang memiliki tujuan dalam pikiran sering bertanya pada diri sendiri: "Apa gunanya bagi saya?"

Oleh karena itu saya akan menunjukkan beberapa bidang kehidupan siswa sebagai contoh di mana model dasar homo oeconomicus dapat ditunjukkan dengan jelas. Namun, ada area di mana model dasar saja tidak cukup untuk menjelaskan perilaku pengambilan keputusan siswa. Akhirnya, alasan untuk ini harus diambil untuk menjawab pertanyaan dan dalam kesimpulan akhir dibandingkan dengan model dasar homo economicus.

Penjelasan tentang model dasar Homo Oeconomicus harus didahului oleh fakta ia berasal dari ilmu ekonomi dan harus dievaluasi sesuai dengan itu. Pendekatan ekonomi ini tidak bermoral. "Ekonomi tidak peduli dengan  bagaimana orang harus berperilaku, ini tentang memahami mengapa orang berperilaku seperti yang mereka lakukan." 

Jadi tidak ada keputusan yang baik atau buruk secara moral. Fokus analisis selalu individu. Diasumsikan "hanya individu yang dapat bertindak". [Akibatnya, keputusan kelompok sebenarnya adalah keputusan oleh individu, karena mereka terdiri dari banyak keputusan individu. Jadi saya akan mulai dengan penilaian siswa pada individu dan bukan pada massa. Namun, pertama-tama, deskripsi yang tepat tentang atribut-atribut model dasar Homo Oeconomicus.

 "Manusia dibimbing secara eksklusif oleh pertimbangan kemanfaatan ekonomi; kadang-kadang penunjukan orang-orang saat ini par excellence. Hal ini adalah bagaimana homo oeconomicus dapat didefinisikan secara umum. Sosiolog Ralf Dahrendorf menawarkan definisi yang lebih tepat. 

Baginya, homo oeconomicus adalah "konsumen yang dengan hati-hati menimbang manfaat dan biaya sebelum melakukan pembelian apa pun dan membandingkan ratusan harga sebelum membuat keputusan; pengusaha yang menyatukan semua pasar dan bursa saham di kepalanya dan mendasarkan semua keputusan pada pengetahuan ini; pria yang sepenuhnya terinformasi, sepenuhnya "rasional"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun