Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filsafat Pythagoras

30 Juli 2021   23:21 Diperbarui: 31 Juli 2021   00:19 132 4 0 Mohon Tunggu...

 Filsafat Pythagoras

Peran yang dimainkan oleh Pythagoras dalam sejarah filsafat benar-benar kompleks dan tersirat. Pythagoras, di satu sisi, telah membuat prestasi luar biasa dalam matematika, terutama di bidang geometri, seperti yang diketahui dari contoh teorema segitiga. Di sisi lain, ia  memimpin gerakan keagamaan aneh yang tampaknya terkait dengan sekte Orpheus, dan para pesertanya disebut "Pythagoras" dan menjalani kehidupan komunis yang mengingatkan pada komunisme primitif. Jadi, dalam filsuf Pythagoras, sisi rasional dan sisi irasional disatukan.

Sulit untuk mengatakan   prestasi Pythagoras sebagai seorang filsuf telah dievaluasi sedemikian rupa. Dalam "Metafisika," Aristotle  berpendapat  berbagai filsuf telah merenungkan arche sejak Thales, dan  Thales memiliki air dan Heraclitus memiliki api.Dalam pengertian yang sama seperti yang dia lakukan, Pythagoras mengatakan  angka tersebut adalah arche.

"Pythagoras adalah yang pertama terlibat dalam studi matematika, tetapi mereka menganggap prinsip matematika ini sebagai prinsip semua makhluk. Di antara prinsip-prinsip matematika, yang pertama di alam. Salah satunya adalah angka, dan mereka berpikir  beberapa dari angka-angka ini mirip dengan yang ada atau menghasilkan lebih dari itu api, tanah, atau air.

Karena fase pasif dari angka adalah keadilan, atribut ini adalah jiwa dan akal, dan yang lainnya ini adalah kesempatan, bisa dikatakan, semua hal adalah satu per satu seperti ini. Meskipun dianggap sebagai atribut, mereka  mengakui  atribut dan proporsi skala  diwakili oleh angka, jadi mereka memutuskan  komponen angka adalah komponen dari semua makhluk, Saya berpikir  seluruh surga  merupakan skala (harmoni) dan angka."

Tampaknya ada dua implikasi di sini. Salah satunya adalah mencoba menghitung Pythagoras, seperti banyak filsuf lainnya, di antara mereka yang mencari Arche. Dalam hal itu, Pythagoras hanya diberikan posisi relatif sebagai salah satu orang dalam sejarah filsafat. Ringkasan Aristotle  ini memiliki pengaruh besar pada orang-orang yang mengikutinya, dan  memperbaiki reputasi  Pythagoras adalah ahli matematika yang hebat, tetapi seorang pemikir unik yang membawa prinsip-prinsip matematika ke dalam pemikiran Arche.

Yang kedua adalah  Aristotle, sambil mengatakan demikian, menangkap warna ideal dari ide-ide Pythagoras dengan cukup akurat. Filsafat Yunani, seperti yang sering dikatakan, adalah kebijaksanaan (akademik) tentang keberadaan, dan ditandai dengan mencoba menjelaskan semua makhluk berdasarkan prinsip tertentu (arche). Dan sementara arche sering berisi api, air, atau kombinasi dari mereka, singkatnya, material yang terlihat dan empiris, Pythagoras tidak terlihat di arche.Jumlah itu ditetapkan sebagai prinsip seperti ide.

Angka tidak terlihat, tetapi bisa menjadi prinsip dalam menjelaskan setiap atribut sesuatu. Misalnya, dalam teorema segitiga yang terkenal itu, meskipun segitiga sebenarnya sedikit terdistorsi, luas atributnya dapat dijelaskan dengan sempurna oleh bilangan tersebut. Dengan cara yang sama, lingkaran sempurna sulit ditemukan di lapangan, tetapi bagaimanapun  atributnya dapat dijelaskan dengan sempurna oleh angka. Dari sini, Pythagoras berpikir  sifat segala sesuatu dijelaskan jauh lebih baik secara ideologis daripada yang terlihat di depan kita.

Dalam hal ini, Pythagoras dapat dikatakan sebagai pelopor Platon itu. Pythagoras diyakini telah lahir sekitar 570 SM di pulau Samos, yang termasuk salah satu dari 12 kota di Ionia. Ini adalah kota yang terletak tidak jauh dari Miletus itu. Menurut Diogenes Laertius, dia pernah tinggal di Mesir ketika dia masih muda, dan  dengan pendeta Babilonia dan biarawan Persia. Tampaknya dia belajar geometri dan mempelajari misteri agama ala Timur berdasarkan studinya saat itu.

Tidak suka  Samos diperintah oleh Polycrates tiran, ia pergi ke Croton di Italia selatan, di mana ia membentuk kultus dan berkhotbah, sementara  membuat hukum untuk Croton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x