Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota

28 Januari 2020   11:53 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:03 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Adeimantus kemudian membahas konsep infiltrasi musik ke masyarakat melalui rutinitas orang-orang dan praktik sehari-hari, yang akhirnya bisa berjalan sesuai dengan hukum, yang mengakibatkan kehancuran total kota (Republik 424d). Sensor keras terhadap seni yang disarankan Socrates diperlukan untuk mempertahankan kota yang ideal dari potensi penggulingan. Pembuangan Socrates atas puisi dari kota ideal di awal Buku X mungkin mengejutkan beberapa pembaca.

Di Amerika abad ke-21, kita hidup di dunia di mana kebebasan adalah nilai terbesar dan sensor disukai. Namun, analisis yang cermat dari alasan Socrates mengungkapkan  ia ingin melarang puisi dari kota karena dibuat dan didorong oleh gambar yang bertentangan dengan ide-ide rasional. Gambar tiga kali dihilangkan dari kebenaran, meninggalkan puisi di tingkat terendah diri; bagian tiruan, yang menurut Sokrates akan merusak jiwa dan kota yang ideal juga. Yang cukup menarik, Socrates tidak melarang semua bentuk puisi dari kota; ia membiarkan eulogi untuk orang baik dan nyanyian pujian bagi para Dewa untuk tetap ada.

Faktanya, Socrates mengklaim sebagai orang yang paham dan menghargai seni dan mengundang setiap pecinta puisi untuk berdebat atas namanya (Republik 607e). Meskipun kelonggaran Socrates jelas dalam hal ini, ia berdiri teguh dalam keyakinannya  puisi harus dilarang. Untuk memahami kritik Socrates terhadap puisi, ada baiknya mempertimbangkan media saat ini: televisi dan iklan membentuk kehidupan kita, menentukan apa yang kita kenakan, bagaimana perasaan kita tentang diri kita sendiri, apa yang kita makan, di mana kita berbelanja, dan pada dasarnya pandangan kita tentang kehidupan.

Apakah kita mengetahuinya atau tidak, bagi banyak orang apa yang mereka lihat di televisi adalah hal-hal yang paling "nyata" dalam hidup mereka, yang justru ditakuti oleh Socrates: orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dengan percaya pada gambar-gambar yang bertentangan dengan ide-ide rasional. Keputusan Socrates untuk melarang puisi mungkin tampak seperti tindakan keras dan kejam, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan kontrol dan mendukung kelangsungan hidup kota yang ideal.

Bagaimana kebenaran filsafat Socrates Platon tentang larangan membuat pusisi karena puisi merusak jiwa manusia, dan kota, tentu membutuhkan riset penelitian dalam jangka panjang, serta merupakan tantangan bagi para ilmuwan Indonesia kebenaran theoria ini;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun