Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota

28 Januari 2020   11:53 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:03 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di sini, Socrates mengakui  kadang-kadang kita menyerah pada seni karena penghargaan kita kepada mereka, meskipun kita tidak berpikir itu dapat diterima untuk berperilaku seperti itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Dia menegaskan  segala sesuatu yang kita lihat dan baca dalam seni pada akhirnya akan tertanam dalam pikiran kita dan akan menyebabkan kita bertindak dengan cara tertentu, hampir seolah-olah kita telah bertukar tempat dengan karakter fiksi dan telah menjadi penampilnya sendiri. 

Socrates mengakui pengaruh kuat puisi yang negatif terhadap jiwa dan perilaku manusia yang tidak rasional; ia melarang seni untuk mempertahankan kontrol kotanya. Socrates menunjukkan bagaimana penyair merusak bagian jiwa yang "baik" ini dengan cara menjauhkan orang dari kenyataan dan menggerakkan pikiran dan tindakan mereka menuju idealisme. 

Socrates membandingkan seorang penyair yang menghancurkan jiwa rasional dengan meningkatkan kekuatan jiwa irasional kepada seseorang yang dapat mengambil alih dan menghancurkan sebuah kota dengan membuat orang jahat menjadi kuat (Republik 605b). Dia melanjutkan dengan mengatakan  setiap individu memiliki jiwa yang tercemar karena penyair imitatif menciptakan gambar yang tidak realistis dan diasingkan dari kebenaran (Republic, 605b).

Singkatnya, Socrates menyamakan jiwa dan kota, yang menyatakan  kehancuran jiwa akan diikuti oleh matinya kota yang ideal karena seni. Jika para penyair berhasil membujuk orang untuk merangkul dan mengamati sisi irasional, emosional, dan impulsif mereka, kota yang ideal pasti akan runtuh. 

Perasaan irasional yang disebutkan di atas  semua manusia pada dasarnya akan merasa pada suatu saat dibawa ke permukaan oleh seni, dan membahayakan kelangsungan hidup kota yang ideal. 

Socrates menjelaskan hasrat-hasrat ini sebagai "jiwa nafsu," yang mengutamakan kepuasan instan. Ketika Socrates berbicara tentang selera umat manusia, ia berkata, "Ia memelihara dan menyirami mereka ketika mereka harus dikeringkan, dan menetapkan mereka sebagai penguasa di dalam diri kita saat-- jika kita ingin menjadi lebih baik dan lebih bahagia daripada lebih buruk dan lebih buruk lagi-- mereka harus diperintah "(Republik 606d).

Socrates menyampaikan gagasan  seni memanipulasi orang untuk memiliki hasrat seksual, kemarahan, rasa sakit, dan kesenangan. Socrates mengklaim  kita semua diperintah secara internal oleh perasaan-perasaan ini karena kekuatan pengaruh puitis yang sangat berpengaruh. Dia menyarankan  alih-alih merawat hasrat internal yang dalam ini, kita harus menaklukkannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Bagian ini sangat penting karena secara jelas mengungkapkan seberapa dalam pengaruh seni itu. Socrates harus melarang puisi dari kota idealnya karena nafsu makan manusia terlalu lemah untuk mengatasi godaan keinginan pribadi. Jika seni mengendalikan individu, yang mengedepankan jiwa irasional yang memisahkan kita dari akal, kota Socrates pasti akan gagal. 

Teori Socrates tentang mendidik wali cukup menarik mengingat fakta  ia mengakui perlunya studi seni serta pelatihan fisik untuk memuji kotanya. Meskipun sebelumnya dalam Buku III Socrates menggarisbawahi pentingnya musik selama pendidikan para wali, ia menyampaikan kepeduliannya yang mendalam terhadap pengaruh kuat yang akan dimiliki musik.

Pengakuan Socrates tentang perlunya musik dapat diamati ketika ia mengatakan "dalam pelatihan musiklah penjaga harus dibangun" (Republic 424d). Di sini, Socrates menyadari betapa perlunya seni untuk kota yang ideal dan tampaknya menentang usulnya sendiri  puisi itu berbahaya. Berbeda dengan deklarasi sendiri, Socrates mengklaim, "tidak boleh ada inovasi dalam pelatihan musik atau fisik yang bertentangan dengan tatanan yang ditetapkan" (Republik 424b). 

Dalam pernyataan ini, Socrates berusaha menggambarkan pentingnya melarang pelatihan musik agar tidak melebihi undang-undang yang dengan sangat terampil diberlakukannya untuk menciptakan kota yang ideal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun