Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kuliah Nobel Sastra [24] Jose Saramago 1998

14 Agustus 2019   12:37 Diperbarui: 14 Agustus 2019   12:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kuliah Nobel Sastra [24] Jose Saramago 1998
dokpri

Kuliah Nobel Sastra 24 Jose Saramago 1998

Jose Saramago. Memperoleh hadiah Nobel dalam Sastra 1998. Lahir: 16 November 1922, Azinhaga, Portugal.  Meninggal: 18 Juni 2010, Lanzarote, Spanyol  Tempat tinggal pada saat penghargaan: Portugal. Motivasi hadiah: "dengan perumpamaan yang didukung oleh imajinasi, belas kasih dan ironi terus-menerus memungkinkan kita sekali lagi untuk memahami realitas yang sulit dipahami."

Jose Saramago lahir pada tahun 1922 dari keluarga petani di desa kecil Azinhaga (Ribatejo) di utara Lisbon. Karena alasan keuangan, ia meninggalkan sekolah menengahnya dan dilatih sebagai mekanik. Setelah mencoba berbagai pekerjaan di dinas sipil, ia bekerja untuk sebuah perusahaan penerbitan selama dua belas tahun dan kemudian untuk surat kabar, pada satu waktu sebagai asisten editor Diario de Notcias, posisi yang terpaksa ia tinggalkan setelah peristiwa politik pada November 1975. 

Di 1969 ia bergabung dengan Partai Komunis yang saat itu ilegal, di mana bagaimanapun ia selalu mengadopsi sudut pandang kritis. Antara 1975 dan 1980 Saramago mendukung dirinya sendiri sebagai penerjemah, tetapi sejak keberhasilan sastranya di tahun 1980-an, ia mengabdikan dirinya untuk tulisannya sendiri. Terobosan internasionalnya datang pada tahun 1982 dengan kisah cinta menghujat dan lucu "Baltasar dan Blimunda", sebuah novel yang dibuat di Portugal abad ke-18. 

Sejak 1992 ia tinggal di Lanzarote, bagian timur laut Canari. Oeuvre Saramago total 30 karya, dan terdiri tidak hanya prosa tetapi juga puisi, esai dan drama. Penghargaannya termasuk Premio Cidade de Lisboa 1980, Prmio PEN Club Portugus 1983 dan 1984, Prmio da Crtica da Associao Portuguesa 1986, Grande Prmio de Romancea Novela 1991, Prmio Vida Literria 1993, Prmio Cames 1995, Premio Cames 1995.

Pidato Jose Saramago di Nobel Banquet, 10 Desember 1998 (dalam bahasa Portugis dengan voice over dalam bahasa Inggris).

Kuliah Nobel, 7 Desember 1998

Bagaimana Karakter Menjadi Tuan dan Penulis Murid Mereka

Pria paling bijak yang pernah saya kenal sepanjang hidup saya tidak bisa membaca atau menulis. Pada pukul empat pagi, ketika janji hari baru masih tersisa di atas tanah Prancis, ia bangkit dari paletnya dan pergi ke ladang, mengambil untuk menggembalakan enam lusin babi yang kesuburannya memelihara dirinya dan istrinya. Orang tua ibuku tinggal di kelangkaan ini, di peternakan kecil babi yang setelah disapih dijual ke tetangga di desa kami Azinhaga di provinsi Ribatejo. 

Nama mereka adalah Jernimo Meirinho dan Josefa Caixinha dan mereka berdua buta huruf. Di musim dingin ketika dinginnya malam membeku hingga titik membekukan air di dalam panci di dalam rumah, mereka pergi ke kandang dan mengambil yang lemah di antara anak-anak babi, membawa mereka ke tempat tidur mereka. Di bawah selimut kasar, kehangatan dari manusia menyelamatkan hewan-hewan kecil dari pembekuan dan menyelamatkan mereka dari kematian. 

Meskipun keduanya adalah orang-orang yang ramah, itu bukanlah jiwa yang berbelas kasih yang mendorong mereka untuk bertindak seperti itu: yang memprihatinkan mereka, tanpa sentimentalisme atau retorika, adalah melindungi roti harian mereka, sebagaimana wajar bagi orang-orang yang, untuk mempertahankan hidup mereka, belum belajar untuk berpikir lebih dari yang diperlukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x