Pendahuluan
Pendidikan berkualitas adalah hak setiap anak bangsa. Namun, bagaimana cara mengetahui apakah sebuah sekolah termasuk berkualitas atau tidak berkualitas? Apa saja standar dan indikator yang digunakan untuk menilai mutu sebuah sekolah? Tulisan ini akan menjelaskan kriteria-kriteria pengukuran kualitas sekolah berdasarkan teori pendidikan, kebijakan nasional, serta referensi internasional yang kredibel.
1. Definisi Sekolah Berkualitas
Menurut UNESCO, sekolah berkualitas adalah sekolah yang mampu menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, pembelajaran yang efektif, dan hasil belajar yang relevan bagi peserta didik. Sementara menurut Depdiknas (2003), sekolah bermutu adalah sekolah yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi, memiliki manajemen yang efisien, dan hubungan yang harmonis dengan masyarakat.
2. Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Di Indonesia, Permendikbud No. 22 Tahun 2020 menetapkan 8 Standar Nasional Pendidikan yang menjadi acuan penilaian mutu sekolah:
Standar Kompetensi Lulusan
Kriteria kemampuan minimal siswa setelah menempuh pendidikan di satuan pendidikan tertentu.
Sekolah berkualitas menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul akademis, tetapi juga berkarakter, kreatif, dan siap bersaing.
Standar Isi