Mohon tunggu...
BAGAS SYABANISABRAWERA
BAGAS SYABANISABRAWERA Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Bandung

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Jaringan Bisnis dalam Upaya Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada Moriska Baby)

17 Mei 2024   14:14 Diperbarui: 18 Mei 2024   13:35 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TINJAUAN PUSTAKA

1.   Jaringan Bisnis

     Beberapa teori mengenai jaringan bisnis meliputi pengertian, manfaat dan jenis-jenis jaringan bisnis.

1.1   Pengertian Jaringan Bisnis

     Di era yang sudah modern sekarang, suatu bisnis akan cepat berkembang apabila bisnis tersebut mampu banyak berkolaborasi dengan berbagai elemen atau jaringan bisnis lain untuk melakukan kerjasama dalam mengembangkan bisnisnya. Mengutip dari (Irawan, 2020: 107), jaringan bisnis adalah kerjasama usaha, akses dan hubungan-hubungan dengan pihak ketiga (perusahaan lain, lembaga keuangan, lembaga lainnya) yang diperlukan oleh perusahaan untuk menjalankan usahanya secara efektif dan efisien, sehingga dapat dicapai produktivitas dan daya saing yang tinggi yang pada akhirnya perusahaan dapat mencapai profit dan perkembangan usaha yang diharapkan. Selain itu, (Rijal, 2023: 177) mengatakan bahwa jaringan bisnis merupakan sebuah jaringan yang mengacu  pada  koneksi  dan  hubungan  yang  dibentuk  oleh perusahaan dengan organisasi lain, termasuk pemasok, pelanggan, pesaing dan pemangku kepentingan lainnya, yang pada akhirnya jaringan bisnis akan memfasilitasi pertukaran sumber daya, pengetahuan dan informasi yang menciptakan peluang untuk kolaborasi, pembelajaran yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak baik itu perusahaan maupun jaringan bisnisnya.

     Jaringan bisnis mempunyai peran penting dalam pengembangan suatu bisnis. Mengutip (Irawan, 2020: 104), jaringan bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis untuk meningkatkan skala ekonomi, pengelolaan bisnis yang efisien dan memperluas pangsa pasar. Usaha yang memiliki jaringan bisnis yang kuat akan menjadi modal untuk dapat melaksanakan kegiatan operasinya secara efektif dan efisien, sehingga jaringan bisnis juga dapat menjadi modal daya saing perusahaan.


Dari beberapa pengertian mengenai jaringan bisnis tersebut, dapat ditarik benang merah bahwa jaringan bisnis merupakan hubungan saling menguntungkan yang dilakukan melalui kerjasama antara perusahaan dengan pihak luar perusahaan baik organisasi maupun perorangan. Manfaat utama dari jaringan bisnis yaitu untuk mempermudah dan mempercepat aliran informasi mengenai aktivitas dalam suatu perusahaan. Dengan adanya jaringan bisnis, perusahaan akan mendapatkan pengalaman bisnis secara langsung dengan berbagai elemen-elemen bisnis seperti  pemasok, pedagang, pelanggan dan lainnya. Elemen-elemen tersebut yang akan memberikan aliran informasi yang bermanfaat kepada perusahaan, sehingga informasi tersebut yang akan dijadikan modal oleh perusahaan untuk menyusun berbagai strategi-strategi yang akan dilakukan untuk mengembangkan usahanya.

1.2   Manfaat Jaringan Bisnis

     Banyak manfaat yang akan dirasakan perusahaan ketika bekerjasama dengan jaringan bisnisnya. Mengutip dari (Irawan, 2020: 107), beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika suatu usaha memiliki jaringan bisnis adalah:

1. Meningkatkan posisi tawar

2. Mencapai skala ekonomi yang efisien

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun