Mohon tunggu...
Bagas
Bagas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mari keluar dari kebodohan

Panggil saja bagas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dilema Overthinking dan Kebutuhan Healing

23 Juni 2022   03:36 Diperbarui: 23 Juni 2022   13:00 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemuda saat ini dilema apa itu yang dinamakan overthinking, menurutku sih, overthinking tu adalah saat kita terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan dampaknya kita bakalan stress sendiri kan?

Dengan memikirkan segala sesuatu yang berlebihan terkadang menjadikan tujuan kita yang sudah tersusun rapi malah menjadi amburadul ga karuan, 

takut bisnisnya gagal, pasangan selingkuh dan masa depan yang suram, hal yang wajar jika memikirkan hal hal yang bersifat urgent atau memiliki nilai kepentingan bagi kehidupan diri sendiri maupun orang lain, namun terkadang kita melupakan bahwa otak juga butuh istirahat kan?

Pemuda yang harusnya memaksimalkan potensi guna mengupgrade diri sendiri justru masuk kedalam jurang ketakutan atau stress mendalam, gara gara overthinking tiap malam gabisa tidur, 

mengetahui hal hal yang dinilai tidak baik aitu seharusnya dapat dihindari oleh kaum milenial Jan sekarang, jangan bilang overthinking hanya gara gara quotes sad di media sosial, lucu.

Memikirkan kehidupan boleh tapi jangan lupa dengan kesehatan yang harus dijaga, apalagi kesehatan mental, 

ya mau gimana lagi meskipun sukses kesehatan gabisa dibeli, jika dilihat bagaimana cara menyikapi overthinking dapat dilakukan dengan jalan stoikisme ya ya dengan menganggap bahwa ketika kita gagal dalam suatu bidang contohnya toh masih ada bidang lainya yang bisa di coba tidak dengan memaksa fisik dan otak kita guna mencapainya, bagus kalau berhasil, kalau tidak?

Terkadang pemuda jaman sekarang memilih tips agar tidak overthinking dengan berbagai cara dari yang mulai menjalankan aktivitas yang positif seperti membaca buku ataupun menulis, ada yang berwisata atau berjalan jalan baik mendaki, menunggu senja bersama pasangan atau kesibukan lainnya .

Self healing merupakan aktivitas yang pasti disukai oleh pelakunya, aneh apabila seseorang tidak suka terhadap kopi yang pahit tiba tiba menyeduhnya begitulah analoginya, dengan menjalankan sesuatu yang disukai memperbesar seseorang ketika menjalankan aktivitasnya melupakan hal hal yang tidak perlu dipikiran ya meskipun sebentar namun hal hal seperti itu tampaknya akan berdampak besar terhadap kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Dengan hobi dan habbits seseorang overthinking dapat dikalahkan, tapi berbeda jika hobinya overthinking terus ya mau gimana lagi, lebih baik tinggalkan overthinking, memaksimalkan otak tidak harus dengan cara yang berlebihan toh otak juga punya porsi nya masing masing, dengan jumlah IQ yang berbeda antara individu.

Self healing menjadi kebutuhan yang sangat krusial bagi pemuda saat ini, embel embel dengan meredakan pikiran sejenak namun akan terasa nikmat juga, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan