Mohon tunggu...
Bachtiar Rachmad Pudya
Bachtiar Rachmad Pudya Mohon Tunggu... Guru - kegiatan sehari-hari sebagai guru bimbingan belajar di Ananda Ceria, aktifitas lainnya menulis buku dan artikel.

Owner Ananda Ceria bisnis center, Author & Creator

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Mencari Jurnal Maupun Artikel Ilmiah di Scopus yang Prestisius dengan Mudah

1 Juli 2021   19:37 Diperbarui: 1 Juli 2021   19:57 654 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Scopus yang merupakan salah satu pusat data ilmiah terkemuka dan terpercaya dunia.  Keberadaan pusat data seperti scopus ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat perkembangan suatu penelitian ilmiah. Selain itu scopus juga dikenal sebagai media penerbitan artikel dan jurnal ilmiah terpercaya. Maka, untuk memperoleh data ilmiah yang kompeten, dengan cara mencari jurnal maupun artikel ilmiah di Scopus yang prestisius

Layanan Pusat Data Ilmiah

Sebagai layanan pusat data ilmiah terpercaya dunia, scopus sering dijadikan acuan para peneliti ketika akan menerbitkan jurnal ilmiahnya. Bahkan hapir semua peneliti terkemuka dunia menerbitkan artikel dan jurnal ilmiah serta hak patennya di scopus.  Beberapa cara mencari jurnal maupun artikel ilmiah di Scopus dengan mudah dan cepat, antara lain:

1. Masuk Ke Scopus

Cara mencari jurnal di Scopus dengan mengunjungi laman resminya di www.scopus.com/. Lalu klik tombol sources pada bagian atas sebelah kanan laman.  Selanjutnya klik display sources, kemudian ketik nama atau judul jurnal, ISSN maupun publishernya, sesuai keinginan. Tunggu beberapa saat, akan ada pemberitahuan berkaitan dengan jurnal yang sedang dicari.

Meskipun cara yang dignakan ini terbilang cukup sederhana, tapi hanya dapat dilakukan dengan mengetahui nama jurnal atau artikelnya terlebih dahulu. Dan apabila jurnal tersebut sudah terindeks dalam scopus maka akan muncul predikat Q-nya. Tetapi apabila masih belum muncul, silahkan masuk ke menu about>polices>abstracting-and-indexing, hingga list indexing-nya muncul.

2. Gunakan Scimago

Scimago Journal dan Country-Rank atau SJR, sering digunakan untuk mengetahui artikel maupun jurnal ilmiah yang ada di scopus. Selain itu kesulitan dapat diatasi dengan  www.scimsgojr.com/, yang masih 1 atap dengan scopus. Cara mencari jurnal maupun artikel di Scopus dengan langsung kunjungi laman resmi scimago atau SJR. Untuk kata atau kalimat pencariannya dapat menggunakan:

  • Nama jurnal, yang diketik pada kolom pencarian. Selanjutnya akan muncul beberapa nama jurnal yang mirip, utnuk dipilih yang sesauai atau dibutuhkan
  • ISSN jurnal, yang diketik dalam pencarian terbilang cukup ampuh dang langsung tepat sasaran dengan jurnal atau artikel ilmiah yang sedang dicari.
  • Penerbit jurnal,dengan nama mengetik nama penerbit jurnal ilmiahnya pada kolom pencarian, akan mempermudah dan dapat langsung teat pada sasaran pencariannya.

3. Manfaatkan Aplikasi SINTA

Aplikasi yang berasal dari Indonesia dapat menggunakan SINTA. ang tentunya sudah terakreditasi oleh Ristekdikti serta terindeks dalam Scopus. Jadi silahkan kunjungi http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/, untuk dapatkan berbagai informasi jurnal maupun artikel ilmiahnya

4. Pakai ADAT

ADAT atau Academic-Database-Assessment-Tool yang dikembangkan oleh JISC-Collection. Merupakan salah satu situs yang digunakan untuk mengetahui terindeks  tidaknya suatu jurnal ilmiah di scopus. Prosesdur pencariannya dimulai dengan membuka situs resmi ADAT, kemudian mengetik nama; judul, penerbit dan asal negaranya. Maka, dalam beberapa saat jurnal tersebut akan muncul dengan keterangan dimana saja terindekstasinya

5. Pilih DOAJ

DOAJ atau Directory-of-Open-Access-Journals, meupakan salah satu situs terbuka, yang memuat berbagai direktori artikel dan jurnal ilmiah dari seluruh penjuru dunia. Prosesdur pencarian suatu jurnal yang terindeks dalam scopus juga dapat dilakukan melalui laman ini. Dengan mengetik nama; judul, penerbit atau negaranya. Maka, dalam beberapa saat kemudain akan muncul jurnal yang sudah terindeks pada scopus.

6. Gunakan Google Scholar

Google Scholar, merupakan situs pencarian yang cukup terkenal dengan menyediakan berbagai artikel dan jurnal ilmiah berikut beragam formatnya. Selain itu pengguna juga dapat mencari apakah sebuah artkel atau jurnal tersebut sudah terindeks ke dalam scopus. Hanya dengan mengetik nama; judul, penerbit atau negara asalnya saja. Maka, artikel maupun jurnal yang diinginkan akan segera diketahui

Nah, demikian tips mencari jurnal maupun artikel ilmiah di Scopus yang terkenal dan prestisius dengan mudah dan cepat. keberadaan scopus sebagai pusat data ilmiah sangat popular, hingga sering menjadi rujukan untuk mencari berbagai artikel maupun jurnal ilmiah. Yang perlu diketahui ketika sebuah artikel maupun jurnal berhasil terbit di scopus, maka artikel tersebut akan menjadi sangat prestisius. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan