Mohon tunggu...
Baban Sarbana
Baban Sarbana Mohon Tunggu... Social Entrepreneur

Penulis Buku "Tapak Tilas Jejak Obama", Serial Cerita Bernilai, dan Penggagas www.YatimOnline.com. www.kampungzimba.com. Personal Website: www.babansarbana.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

GeoRanger

25 April 2019   09:52 Diperbarui: 25 April 2019   10:28 55 2 0 Mohon Tunggu...

Istilah GeoRanger adalah yang saya munculkan terkait dengan keberadaan Geopark di Jawa Barat khususnya dan di Indonesia dan dunia pada umumnya. 

GeoRanger bisa diterjemahkan sebagai penjaga bumi yang merupakan gagasan untuk membangun partisipasi masyarakat untuk bersama menjaga bumi yang hanya diciptakan sekali saja oleh yang Maha Kuasa.

Saya akan berbagi pengalaman dari berbagai lokasi yang saya kunjungi terkait Geopark..... 

Mendapat kesempatan mengikuti workshop tentang Geopark se Jawa Barat, yang salah satunya--Geopark Ciletuh, Sukabumi-- yang sudah mendapatkan pengakuan tingkat dunia melalui UNESCO Global Geopark, adalah sebuah keberkahan bagi saya.  Melihat dari dekat keindahan ciptaan Allah SWT, melalui GeoDiversity, BioDiversity, Culture-Diversity, menjadi tabungan pengalaman yang memperkaya hati. 

Begitu berada di Puncak Darma, salah satu puncak tertinggi di Ciletuh, dan melihat sejauh mata memandang hingga ke horizon terjauh, adalah bukti kekuasaan Allah Maha Luas, dan mata manusia sangat terbatas. Lukisan cahaya natural yang Allah ciptakan, demikian dahsyat, membuat saya hanya bisa mengucap alhamdulillah, masih diberi kesempatan menikmat lukisan alam yang indah dan menawan. 

Dokpri
Dokpri

Beranjak melihat Kampung Kasepuhan Sinar Resmi yang dipimpin oleh Abah Asep... Kembali hati langsung tersentuh damai dengan sambutan dendang suara alu bersahutan yang dimainkan oleh para orang tua yang dengan senang hati dan gembira bermain melalui alat-alat tradisional sederhana yang mengingatkan saya kembali ke masa kecil. 

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Kampung Kasepuhan yang memadukan budaya sunda warisan nenek moyang dengan aspek religi yang kuat, menghasilkan kampung yang berswasembada pangan tiap tahun. Tidak pernah kekurangan pangan. Semua kebutuhan terpenuhi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN