Basil Baariq
Basil Baariq

Just Blogger Newbie

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kenapa Penglihatan Mata Menurun Seiring Bertambahnya Umur?

10 Februari 2018   14:25 Diperbarui: 10 Februari 2018   15:06 1059 0 0

Kenapa Penglihatan Mata Menurun Seiring Bertambahnya Umur? Sama seperti kekuatan fisik kita menurun seiring bertambahnya usia, mata kita juga menunjukkan penurunan kinerja ketika usia makin bertambah - terutama saat kita mencapai usia 60an.

Beberapa perubahan kemampuan mata yang terkait usia, seperti misalnya presbiopi dan ini merupakan hal normal dan tidak menandakan segala jenis penyakit berbahaya. Sementara katarak dapat dianggap sebagai penyakit terkait usia, mereka sangat umum di antara para manula dan dapat segera diatasi dengan operasi katarak. 

Baca juga: Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Toko Optik

Beberapa dari kita, bagaimanapun, akan mengalami penyakit mata yang berkaitan dengan usia lebih serius yang memiliki potensi lebih besar untuk mempengaruhi kualitas hidup kita seiring bertambahnya usia. Kondisi ini meliputi glaukoma, degenerasi makula dan retinopati diabetes.

Presbiopi

Setelah melewati usia 40 tahun, Anda akan lebih sulit melihat secara fokus pada benda-benda dari dekat karena presbiopia. Ini adalah kehilangan kemampuan memfokuskan secara normal karena pengerasan lensa di dalam mata Anda.

Untuk sementara, Anda dapat mengimbangi penurunan kemampuan memfokuskan secara bertahap ini dengan menahan bahan bacaan lebih jauh dari mata Anda. Tapi akhirnya Anda akan membutuhkan kacamata baca, lensa progresif atau lensa kontak multifokal.

Beberapa pilihan operasi korektif untuk presbiopi juga tersedia, seperti inlay kornea, LASIK monovisi, keratoplasti konduktif dan pertukaran lensa refraktif.

Seiring bertambahnya usia hingga usia 50an dan seterusnya, presbiopi bisa menjadi lebih parah. Anda mungkin memperhatikan perlunya perubahan yang lebih sering pada resep kacamata atau lensa kontak. Anda mungkin juga menemukan bahwa satu resep bukan lagi solusi terbaik untuk semua kebutuhan penglihatan Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin memerlukan satu pasang kacamata untuk tugas normal dan tugas lain yang menekankan rentang antara untuk bekerja lebih nyaman di depan komputer.

Katarak

Meskipun katarak dianggap sebagai penyakit mata terkait usia, mereka sangat umum di antara orang tua sehingga mereka juga dapat diklasifikasikan sebagai perubahan penuaan normal.

Menurut Mayo Clinic, sekitar setengah dari semua orang yang 65 tahun di Amerika memiliki beberapa tingkat pembentukan katarak di mata mereka. Saat memasuki usia 70an, persentase bahkan lebih tinggi. Diperkirakan pada tahun 2020 lebih dari 30 juta orang Amerika akan memiliki katarak.

Syukurlah, operasi katarak modern sangat aman dan efektif sehingga 100 persen penglihatan hilang akibat pembentukan katarak biasanya bisa dipulihkan.

Jika Anda memperhatikan perubahan penglihatan karena katarak, jangan ragu untuk membahas gejala dengan dokter mata Anda. Seringkali lebih melakukan operasi katarak sebelum masalh ini bertambah parah. Juga, Anda memiliki pilihan sekarang untuk mencoba implan lensa multifokal atau mengakomodasi lensa intraokular yang berpotensi dapat mengembalikan semua rentang penglihatan, sehingga mengurangi kebutuhan Anda pada kacamata baca.

Degenerasi makula

Juga disebut age-related macular degeneration atau AMD, degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan di kalangan manula. Menurut National Eye Institute (NEI), lebih dari dua juta orang di Amerika saat ini memiliki degenerasi makula terkait usia.

Glaukoma

Risiko Anda terkena glaukoma meningkat setiap dekade setelah usia 40, dari sekitar 1 persen di usia 40-an sampai 12 persen di usia 80-an.

Retinopati diabetik

Lebih dari 10 juta orang Amerika yang berusia di atas 40 tahun diketahui menderita diabetes, dan di antara penderita diabetes berusia di atas 40 tahun, NEI memperkirakan bahwa 40 persen memiliki tingkat retinopati diabetes yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2