Mohon tunggu...
Jenab Paruk Ating
Jenab Paruk Ating Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka menulis di wattpad, menggambar, melukis, main game, dan menulis puisi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Keterampilan Menulis Skrip Drama dalam Bahasa Inggris pada siswa MAN 2 Kota Malang

22 Mei 2024   20:47 Diperbarui: 22 Mei 2024   20:58 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keterampilan menulis adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa, terutama dalam konteks penulisan skrip drama. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menulis skrip drama yang efektif dan menarik dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris di antara siswa kelas XI di MAN 2 Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MAN 2 Kota Malang. Modul pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari beberapa tahap, termasuk pemahaman konsep dasar menulis skrip drama, pembuatan ide, penulisan skrip, peninjauan oleh rekan, revisi, dan tahap finalisasi. Setiap tahap dilengkapi dengan contoh konkret dan latihan praktis.

Pada siklus pertama, pre-test dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menulis skrip drama dalam bahasa Inggris. Kemudian, modul pembelajaran diperkenalkan kepada siswa untuk dipelajari dan diamalkan. Proses pembelajaran dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa, dengan memberikan umpan balik yang konstruktif. Siklus kedua dilakukan setelah siswa menyelesaikan aktivitas pembelajaran dengan modul. Post-test dilakukan untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan menulis skrip drama siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris di antara siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang setelah mengikuti pembelajaran dengan modul. Skor post-test rata-rata siswa menunjukkan peningkatan sebesar 35% dibandingkan dengan skor pre-test.

Pemanfaatan modul pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris diantara siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang. Pendekatan pembelajaran yang kolaboratif antara guru dan siswa, serta penyediaan contoh konkret dan latihan praktis dalam modul pembelajaran, membantu siswa memahami konsep dan proses penulisan skrip drama yang menarik. Sebagai rekomendasi, modul pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis skrip drama di MAN 2 Kota Malang.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun