Mohon tunggu...
Muhammad Azzam Ramadhan
Muhammad Azzam Ramadhan Mohon Tunggu... Pelajar

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Accounting is Fun

25 Februari 2020   16:43 Diperbarui: 25 Februari 2020   16:46 19 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh Muhammad Azzam Ramadhan
Mahasiswa STEI SEBI

Sebelum kita masuk kedalam materinya, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu akuntansi ? , jadi, akuntansi secara umum adalah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi.

Mungkin banyak dari kita mengatakan akuntansi itu sulit, ribet, bikin pusing, bosenin, dan sebagainya. Padahal akuntansi itu jauh lebih seru dan lebih mudah dari pada itu. Terutama untuk kalian yang kuliah memilih jurusan akuntansi, yang perlu kalian lakukan pertama kali ada mencintai akuntansi itu sendiri sehingga kalian akan merasakan keseruan ketika belajar akuntansi, sebenarnya buat ke segala aspek sih , intinya "Do what you love & Love what you do "

Selanjutnya tanamkan dipikiranmu bahwa akuntansi itu mudah , "Accounting is easy" ,sesulit apapun materi yang kamu pelajari tetap pikirkan akuntansi mudah, terutama untuk kalian yang belajar akuntansi menggunakan Bahasa inggris, jangan jadikan itu sebagai halangan. Karena sesuai  pepatah berakit rakit kehulu berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Jadi gpp kita susah payah belajar hari ini untuk masa depan kita yang lebih baik lagi.

Dan yang terakhir adalah pahami konsepnya terutama terkait dengan saldo normal dan aktiva = pasiva , Karena kunci akuntansi itu terletak pada penjurnalan, jadi jika kita belum paham dengan konsep dasar akuntansi, maka akan sulit untuk mengerjakan akuntansi, dan tentu saja sering latihan soal, Karen akuntansi itu adalah sebuah proses. Ingat "proses tidak akan pernah menghianati hasil".

Oh iya tambahan nih, kalau kalian sudah memahami, konsep, persamaan dasar, dan proses akuntansi. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan potensi diri, karena sekarang udah zaman digital, cobalah untuk latihan menjalankan proses akuntansi dengan menggunakan software dan aplikasi aplikasi akuntansi.

VIDEO PILIHAN