Mohon tunggu...
Muhammad Azzam Pridana
Muhammad Azzam Pridana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka programming, sepakbola dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ini Dia Roadmap Lengkap bagi Kamu yang Mau Menjadi Frontend Developer!

9 Desember 2022   20:53 Diperbarui: 9 Desember 2022   21:10 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di era teknologi hari ini, dimana hampir semua sektor bisnis telah beralih dan bertransformasi ke arah digital, maka hal tersebut menandakan semakin dibutuhkannya tenaga-tenaga ahli di bidang IT, khususnya sebagai software developer. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba menguasai pasar menggunakan platform digital yang tentu saja memerlukan kehadiran ahli-ahli dalam dunia pemrograman. Bahkan tak segan-segan, perusahaan akan memberikan income kepada programmer dengan nominal yang tinggi, terlebih bagi ia yang terbilang sudah expert di bidang pemrograman. 

Lalu apa itu Frontend Developer?

Jika melihat dari aspek peranan, Frontend Developer ialah yang berperan dalam mengembangkan tampilan depan atau layar dari sebuah situs, biasanya yang digunakan adalah bahasa pemrograman seperti CSS (Cascading Style Sheets), HTML (Hypertext Markup Language) dan JavaScript.

Secara khusus, Frontend Developer sendiri memiliki tanggungjawab atas komposisi tampilan sebuah website atau aplikasi. Tampilan yang dimaksud mulai dari isi konten, warna font, jenis font, ukuran font, gambar, pergantian halaman, memunculkan pop-up, hingga tombol-tombol. Yang mana seluruh elemen tersebut harus membuat user (pengguna) merasa nyaman ketika melihat dan berinteraksi di dalamnya. 

Frontend developer secara sederhana adalah mereka yang bertanggungjawab dalam menghubungkan suatu situs website ataupun aplikasi dengan para penggunanya. Oleh karena itu, Front end developer juga biasa dikenal dengan client-side.


Bagaimana Menjadi Seorang Frontend Developer?

Tentu saja untuk menjadi seorang Frontend Developer, dibutuhkan skill dan penguasaan mengenai bahasa-bahasa pemrograman yang mendukung kinerja dan kebutuhan dalam pembuatan tampilan atau user interface. Diantara yang perlu dikuasai jika ingin menjadi Frontend Developer adalah HTML, CSS dan juga JavaScript.

Skill selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang Front End Developer adalah kemampuan mengelola framework dan library. Ada banyak framework yang populer di kalangan Front End Developer, diantaranya React Js, Angular Js, Vue Js, Svelte, dan lain-lain.

Framework sendiri memiliki fungsi utama untuk memudahkan web developer dalam membuat sebuah website. Framework diciptakan untuk membantu web developer dalam menulis baris kode. Dengan menggunakan framework penulisan kode akan jauh lebih mudah, cepat, dan terstruktur rapi.

Namun sebelum masuk ke framework, kita perlu  mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja sebuah bahasa pemrograman, khususnya dalam hal ini yang berurusan dengan profesi sebagai Frontend Developer, yaitu HTML, CSS dan JavaScript. Berikut ini roadmap lengkapnya.

1. HTML

HTML merupakan singkatan dari "Hypertext Markup Language" atau "bahasa markup". HTML adalah bahasa standar pemrogaman yang digunakan untuk membuat halaman website, yang diakses melalui internet.

Lalu apa saja yang harus kita pelajari saat belajar HTML?

Berikut ini roadmap untuk belajar HTML :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun