Mohon tunggu...
Azzam Faqihuddin
Azzam Faqihuddin Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Manajemen Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Azzam Faqihuddin

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia

31 Januari 2022   23:05 Diperbarui: 31 Januari 2022   23:13 6109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

     Indonesia, negara yang dikenal dunia dengan letak geografisnya yang sangat strategis dan bentang garis pantai terpanjang di dunia. Terdiri dari beribu pulau yang menyusun menjadi satu kesatuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Dengan kelebihan ini membuat Indonesia menjadi bangsa yang memiliki berbagai suku, budaya, ras, serta kekayaan alamyang terbentang diseluruh nusantara. Namun dari jutaan keindahan tersebut, ternyata Indonesia masih memiliki pekerjaan besar yang harus segera diselesaikan, yaitu membangun dan membenahi infrastruktur demi masa depan Indonesia yang lebih baik lagi. Salah satu infrastruktur tersebut adalah pendidikan. Pendidikan akan selalu menjadi kekhawatiran nomor satu bangsa, pasalnya melalui pendidikan inilah para generasi penerus bangsa lahir untuk meneruskan perjuangan bangsa menjadi bangsa yang maju dan mampu mengimbangi perkembangan bangsa lain. Sebagai salah satu generasi penerus bangsa, saya sadar akan adanya problematika negeri ini yang tak dapat terselesaikan hanya dengan satu dua orang dalam satu dua tahun. Dengan begitu diperlukan adanya kerjasama dan gotong-royong para generasi muda dari seluruh penjuru negeri.

     Generasi yang diharapkan dapat menjadi generasi unggul bangsa adalah generasi yang memiliki karakter cerdas dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi dan dibarengi sifat kompetitif dan kreatif. Dengan karakter tersebut, diharapkan beberapa tahun kedepan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar. Saya juga memahami dengan diadakannya beasiswa unggulan ini tidak hanya dapat meningkatkan semangat belajar para generasi muda, tetapi beasiswa ini juga turut mengambil peran besar dalam mempersiapkan generasi unggul yang akan memimpin bangsa Indonesia dikemudian hari.

     Menurut saya, karakter diatas cukup untuk mewakili generasi unggul yang dibutuhkan. Mengingat perkembangan dunia yang sangat pesat khususnya pada bidang teknologi membuat semakin besar tantangan yang akan dihadapi nantinya. Perkembangan arus globalisasi yang terjadi di dunia membuat semua bangsa berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu dan kualitas suatu bangsa. Hal ini membuktikan bahwa sikap cerdas merupakan hal penting yang harus dimiliki, tetapi kecerdasan yang diharapkan adalah kecerdasan yang dapat memaksimalkan kesempatan dan dapat menggali potensi lebih banyak

lagi. Baik potensi dalam dirinya maupun potensi-potensi yang ada disekitarnya.

     Menjadi bagian dari generasi unggul bangsa adalah suatu kebanggaan bagi saya. Dengan melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, saya mempunyai keinginan besar untuk mengubah Indonesia menjadi bangsa yang lebih besar dan maju dalam segala bidang, khususnya dibidang hukum. Latar belakang pendidikan itulah yang mendorong saya untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan mampu memberi kontribusi kepada bangsa. Dan saya yakin bahwa saya adalah generasi unggul bangsa. Karena saya adalah pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan tetapi juga pendengar yang baik dan mempunyai keinginan yang besar untuk mendalami ilmu pengetahuan. Kegemaran membaca yang saya miliki dan rasa keingintahuan akan gejolak yang terjadi di dunia mengenalkan saya pada bidang ekonomi indonesia.

     Generasi unggul adalah generasi yag tak hanya mementingkan dirinya sendiri melainkan ikut peduli kepada sesama dan menyebarkan hal positif sehingga potensi yang dimiliki tak hanya berguna bagi dirinya sendiri, tetapi juga berguna bagi masyarakat sekitar. Kegiatan sosial banyak saya ikuti selama menempuh pendidikan di sekolah menengah atas,


seperti mengikuti organisasi palang merah remaja dan mengadakan acara donor darah serta mengikuti organisasi siswa intra sekolah atau yang biasa dikenal dengan osis. Selama mengikuti kegiatan tersebut saya banyak belajar bahwa menjadi pemimpin bukanlah segalanya, yang diperlukan adalah sikap rendah hati dan mampu merencanakan segala sesuatu agara tercapai tujuan bersama. Dari kegiatan sosial itu juga membantu saya untuk membentuk kepribadian yang lebih dewasa dan mampu memahami makna kehidupan dari banyak orang yang saya temui serta dapat menginspirasi saya menjadi individu yang lebih baik lagi.

     Mengenyam pendidikan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas terbaik di kecamatan Arjasa serta melanjutkan sekolah sarjana di salah satu universitas di

Indonesia tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya. Tetapi hal ini tidak membuat saya cepat berpuas diri, justru semakin mendorong saya untuk lebih siap dalam menemui hal-hal baru dengan bebekal ilmu pengetahuan yang luas. Saya pun berusaha untuk mempersiapkan diri saya agar lebih siap menghadapi kehidupan perkuliahan dimana hal tersebut merupakan hal baru bagi saya. Menurut saya, jika hanya berkuliah saja, kehidupan sosial kita akan terbatas dan tidak dapat berkembang. Hal ini membuat saya memutuskan untuk mengikuti kegiatan sosial di universitas, yaitu dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan BEM. Dengan bergabung menjadi anggota BEM, dapat meningkatkan kemampuan komunikasi publik saya dan kesadaran akan permasalahan yang terjadi disekitar.

     Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang saya dapat selama menempuh pendidikan 12 tahun dibangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, saya semakin paham bahwa pentingnya pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan dengan berpendidikan tinggi diharapkan para generasi muda mampu menyelesaikan problematika yang terjadi di negeri ini. Generasi unggul kebanggaan bangsa adalah saya. Yang berusaha memberikan hal positif bagi masyarakat sekitar dan berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya demi mewujudkan cita-cita bangsa. Saya adalah satu dari jutaan generasi unggul kebanggan bangsa bercita-cita membangun untuk Indonesia Jaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun