Mohon tunggu...
AZZAHRA R
AZZAHRA R Mohon Tunggu... Mahasiswa - KELOMPOK 56 - PENDIDIKAN KHUSUS 2018

KKN Tematik MDBPE-MBKM Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik PPD Covid-19 UPI: Dampak Covid-19 Terhadap Keberlangsungan Pembelajaran di MI PUI Kuningan

25 Juli 2021   12:29 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:58 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik PPD Covid-19 UPI: Dampak Covid-19 Terhadap Keberlangsungan Pembelajaran di MI PUI Kuningan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Covid-19 telah menjadi pandemi global, setelah ditetapkan oleh Direktur Jendral World Health Organization yaitu Tedros Adhanom. Pandemi menurut KBBI merupakan wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Virus ini telah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia termasuk sampai ke Indonesia. 

Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi penyakit ini, mulai dari PSBB hingga PPKM Darurat yang sekarang ini sedang dilaksanakan. Namun tetap saja, pada nyatanya covid-19 ini menjadi pandemi yang sangat menakutkan karena tingkat penyebarannya yang sangat luas dan cepat.

Pandemi ini bisa berdampak melibatkan lebih dari satu aspek kehidupan, salahsatunya yaitu pendidikan. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan sementara proses pembelajaran tatap muka langsung dan digantikan dengan proses pembelajaran daring yang hasilnya dirasa kurang memuaskan dibandingkan dengan pembelajaran secara tatap muka, banyak pelajar bahkan pengajar yang berkurangnya minat terhadap belajar dikarenakan oleh pergantian tersebut.

Melihat situasi tersebut, dimulai dari Desember 2020 hingga sekarang Juli 2021 Universitas Pendidikan Indonesia beserta Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) menyatakan untuk mengadakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 dengan mengangkat tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi (KKN TEMATIK MDBPE-MBKM)" yang dilaksanakan mulai dari tanggal 01 Juli 2021 dan dilakukan selama 120 jam. 

Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak lain adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. LPPM UPI menawarkan beberapa tema yang yang didalam nya memuat beberapa sasaran program dilakukan pada KKN kali ini. Tema tersebut diantaranya, Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan, Membangun Desa melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat, dan Rekognisi Program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek.

Febrianti Dwi Andini sebagai salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Teknik Sipil yang ikut serta pada kegiatan KKN Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 dibawah bimbingan Bapak Asep Gustiana, S.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam kegiatan KKN ini, Febrianti melaksanakan KKN di MI PUI Kuningan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dan melakukan survey mengenai dampak pandemi terhadap Pendidikan.

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Guru di MI PUI Kuningan 

WFH  memiliki kelebihan dan kekurangan pada guru, Work From Home dapat dilakukan secara efektif jika guru dan sekolah melaluinya dengan bertanggung jawab. Kedua belah pihak harus lebih memahami tentang kondisi yang terjadi, sambil memberikan kinerja terbaik yang mungkin, meskipun mereka bekerja di tempat yang berbeda. 

Jangan lupa memaksimalkan komunikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. manfaatkan teknologi dengan baik, buatlah daftar hal-hal yang ingin  lakukan lebih terencana, juga sertakan hasil yang diharapkan sehingga guru tidak akan salah sehari kerja dari rumah dengan non-produktivitas. 

Jika guru masih harus bekerja, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan setiap outlet dan kesehatan. rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. perlu memberikan tangan ini pembersih di setiap outlet untuk digunakan oleh guru lain yang masih akan datang. Ketika bekerja di rumah, tentu saja laptop komputer menjadi alat kerja utama.

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran kelas 1 di MI PUI Kuningan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN