Mohon tunggu...
Azzahra Putri D
Azzahra Putri D Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia

Saya memiliki ketertarikan di bidang teknologi pangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Praktik Kerja Lapang (PKL) di PT. Daesang Ingredients Indonesia, Gresik

28 November 2023   01:07 Diperbarui: 28 November 2023   01:14 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PT. Daesang Ingredients Indonesia (Dokumentasi Pribadi)

Perkenalkan, saya Azzahra Putri, mahasiswi prodi Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia angkatan 2020. Saat ini, saya berada di semester 7. Bulan Agustus-September lalu, saya telah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di PT. Daesang Ingredients Indonesia bersama dengan salah seorang rekan saya, Alya. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai kegiatan yang saya lakukan.

Praktik Kerja Lapang atau PKL sendiri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan dimana mahasiswa dapat bekerja secara langsung dan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mempelajari dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan PKL merupakan salah satu mata kuliah wajib di Universitas Al-Azhar Indonesia. Saya berkesempatan untuk melaksanakan PKL di PT. Daesang Ingredients Indonesia, Gresik selama satu bulan. Selama melaksanakan kegiatan PKL saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru yang berhubungan maupun yang tidak berhubungan dengan prodi saya. Ilmu-ilmu yang saya dapatkan sangat bermanfaat dan dapat menjadi bekal pengetahuan di kemudian hari.

PT. Daesang Ingredients Indonesia sendiri merupakan perusahan yang bergerak di bidang pangan, memproduksi monosodium glutamat (MSG), dimana salah satu produknya adalah MI-WON. MI-WON adalah penyedap rasa yang bisa ditambahkan pada makanan sebagai penguat rasa atau flavor enhancer. Selain MI-WON, terdapat beberapa produk lainnya yang juga diproduksi oleh PT. Daesang Ingredients Indonesia seperti Bio-Miwon, Miwon Plus, dan Indo Rasa. Produk MSG yang dihasilkan PT. Daesang Ingredients Indonesia bukan hanya produk-produk yang dijual dalam negeri, namun juga produk-produk yang akan diekspor ke negara lainnya. 

Selama melaksanakan PKL, saya berada di posisi Quality Assurance. Bagian tersebut berperan dalam memastikan kualitas bahan dan produksi sesuai dengan ketentuan perusahaan. Berbagai rangkaian pengujian perlu dilakukan untuk menjamin kualitas produksi yang dihasilkan. Saya melakukan pengamatan terkait pengujian apa saja yang dilakukan. Terkadang, beberapa analis yang sedang bekerja memberikan kesempatan untuk mencoba pengujian yang dilakukan. Kesempatan ini tentunya menjadi pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi saya. Analis yang bekerja juga dengan senang hati memberikan jawaban atas pertanyaan yang kami ajukan. 

Selain melakukan pengamatan dan pembelajaran mengenai analisa produk di QA, kami juga diajarkan bagaimana proses produksi MSG dilakukan. Kami juga diajak secara langsung untuk melihat bagaimana proses produksi MSG yang terjadi. Setiap tahapan proses produksi, mulai dari fermentasi hingga produk jadi, memiliki pengaruh terhadap produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, setiap proses dilaksanakan dengan hati-hati dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


Tidak hanya belajar, kami juga mengerjakan tugas akhir yang diberikan untuk melengkapi kegiatan PKL yang dilaksanakan. Tugas akhir yang saya kerjakan berkaitan dengan nilai pH dari kristal MSG. Tugas akhir yang diberikan tersebut sangat berhubungan dengan bidang QA, karena itu saya tidak hanya belajar mengenai QA, namun juga merasakan bagaimana pekerjaan yang dilakukan oleh analis bagian QA di PT. Daesang Ingredients Indonesia. 

Pengalaman PKL yang saya lakukan di PT. Daesang Ingredients Indonesia tergolong singkat, hanya 1 bulan. Namun saya mendapatkan banyak pembelajaran dan pengetahuan baru selama saya melaksanakan PKL. Saya sangat berterima kasih kepada PT. Daesang Ingredients Indonesia, terutama pada staff, karyawan, dan analis di bagian QA dan produksi yang telah memberikan saya kesempatan untuk dapat belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun