Mohon tunggu...
Azzahra Adha
Azzahra Adha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Harian KKN Reguler Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Workshop Media Pembelajaran Online bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang

29 Juli 2021   12:15 Diperbarui: 29 Juli 2021   12:43 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Workshop Media Pembelajaran Online bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang
Sumber: Dokpri 

07 Juli 2021, pandemi covid-19 memberikan dampak di berbagai bidang sosial, ekonomi, maupun pendidikan. Salah satu dampak di sektor pendidikan yang dirasakan adalah beralihnya pembelajaran dari luring menjadi pembelajaran online. Sejalan dengan kebijakan pemerintah atas ditiadakannya pembelajaran tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar membuat para orangtua khawatir terhadap pendidikan anak mereka. Pandemi membuat semua kegiatan luar dihentikan ataupun alih ganti dengan kegiatan online melalui media maya. Hal itu dilakukan dengan mengingingkan kegiatan tetap berjalan meskipun dalam pandemi.

Melihat peluang permasalahan ini, kami Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2021 Mei Lia Rahayu dan Dwi Putri Noviardah selaku penanggung jawab program kerja ini, serta ibu Yuniawatika M.Pd selaku dosen pembimbing kami, melakukan kegiatan workshop media pembelajaran online pada Guru Sekolah Dasar di Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusmo, Kabupaten Malang. Workshop tersebut berguna untuk menambah wawasan guru sekolah dasar di Desa Sumberejo. 

Karena informasi yang kami dapatkan guru sekolah dasar di Desa Sumberejo hanya sedikit paham akan penunjang pembelajaran online. Guru sekolah dasar di Desa Sumberejo sebenarnya mereka mengeatahui banyak sekali aplikasi ataupun media pembelajaran online sebagai penunjang pengajaran. Namun yang terjadi ialah hanya mengetahui namun tidak diterapkan karena mereka kurang dalam pemahaman detailnya. Workshop ini membantu guru sekolah dasar di Desa Sumberejo untuk menyiapkan pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.

Pembelajaran online dipilih karena dianggap sebagai pembelajaran yang efektif di tengah pandemi karena tidak perlu bertatap muka secara langsung melainkan dapat dilakukan di tempat yang berbeda-beda tanpa membuat kerumunan. Contohnya saja dapat dilakukan di rumah masing-masing. Kebijakan ini mengarahkan siswa untuk belajar dirumah dan guru juga bekerja  dirumah. Dengan adanya pembelajaran online ini dapat meggantikan pembelajaran di ruang kelas, yang mungkin berlangsung hingga akhir semester karena pandemii covid-19.

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terkait pembelajaran online khususnya untuk menunjang pembelajaran online di Desa Sumberejo Kecamatan Poncokusumo Kabupten Malang. Atas dasar tujuan diatas maka pada hari jumat, 16 Juli 2021, semua tenaga pendidik dan kependidikan SDN 02 Sumberejo dan SDN 03 Sumberejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dari mahasiswa KKN UM melakukan kegiatan workshop dengan materi Media Pembelajaran Online Google Suite. Dengan narasumber kami bapak Ibrahim Sani Ali Manggala M.Pd. yaitu Dosen Tadris Matematika di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sebelum kegiatan diskusi dimulai, sebelumnya narasumber memaparkan terlebih dahulu materi secara singkat dan jelas tentang pengembangan dan konvergensi TIK. Selanjutnya narasumber juga memberikan pelatihan bagaimana cara megoprasikan salah satu media pembelajaran online tersebut. Sebagai penyemangat guru-guru juga diberikan kuis berhadiah bagi yang mengikuti, kuis ini diberikan setelah melakukan kegiatan workshop ini guna mengasah atau me-review kembali apa yang telah diikuti selama kegiatan workshop berlangsung.

Dengan diadakannya workshop ini diharapakan Guru Sekolah Dasar di Desa Sumberejo dapat menggunakan media pembelajaran online yang telah dipaparkan oleh narasumber. Penggunaan media pembebelajaran online yang digunakan oleh guru ini nantinya akan memudahkan kegiatan belajar mengajar dengan siswa sehingga mendapatkan pembelajaran yang efektif serta optimal.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x