Mohon tunggu...
Azzahra Adha
Azzahra Adha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Harian KKN Reguler Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM 2021 Melakukan Pembuatan Video Profil Desa Sumberejo

28 Juli 2021   19:07 Diperbarui: 28 Juli 2021   19:49 93 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2021 Melakukan Pembuatan Video Profil Desa Sumberejo
ilustrasi pribadi

Jumat, 9 Juli 2021 -- Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusumo yang terletak di Kabupaten Malang ini memiliki wilayah yang luas serta terdiri dari beberapa Dusun, yaitu Dusun Jajang, Dusun Aran-Aran, Dusun Wonokerto, serta Dusun Sumberdewo. Dari beberapa dusun ini tentunya terdapat banyak sekali potensi desa maupun wisata yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, ibu Yuniawatika, S.Pd., M,Pd selaku dosen pembimbing lapangan beserta mahasiswa KKN UM yaitu Alfandy Saga Triambodo dari jurusan Manajemen dan M. Fahru Rochman Hidayatullah dari jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga melakukan pembuatan video profil desa yang mencakup keseluruhan dusun dengan menampilkan potensi serta wisata yang ada di Desa Sumberejo untuk dapat dipublikasikan ke masyarakat luas. Dalam video profil Desa Sumberejo berisi mengenai sejarah singkat mengenai Dusun-Dusun di Desa Sumberejo, potensi setiap Dusunnya, Wisata yang ada di Desa Sumberejo, serta keseharian masyarakat desa di Desa Sumberejo.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

Pada video profil desa ini dimulai dengan penjelasan singkat mengenai letak geografis dari Desa Sumberejo yang letaknya di kaki Gunung Semeru dan berlanjut pada penjelasan mengenai sejarah singkat dari Desa Sumberejo. Kemudian akan berlanjut mengenai fasilitas yang terdapat di Desa Sumberejo yang menunjang kegiatan perekonomian dan aktifitas sosial dari masyarakat Desa Sumberejo, seperti terdapatnya 7 Masjid,32 Musholla,12 TPQ, 5 Paud, 2 TK, 3 SD, 2 MI, 1 SMP serta 1 MTS. Dalam video profil tersebut juga memuat kegiatan warga desa yang berupa sektor pertanian, perkebunan, serta pengolahan kayu.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

Dalam video profil desa tersebut juga memuat potensi dari setiap dusun yang ada di Desa Sumberejo. Pada Dusun Wonokerto, yaitu mebel atau furniture, seperti meja dan kursi. Lalu, potensi yang ada pada Dusun Aran-Aran, yaitu pertambangan dan tusuk sate. Selanjutnya, pada Dusun Sumberdewo, potensi yang ada yaitu petani tebu. Dusun terakhir yaitu Dusun Sumberejo, potensi yang ada pada dusun ini yaitu petani tebu, tomat, dan cabai. Produk unggulan yang ada di Desa Sumberejo, salah satunya yaitu kopi yang sering disebut dengan Kopi BTS (Bromo Tengger Semeru) yang pernah menjuarai kompetisi kopi sekabupaten Malang.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

Kemudian, video berlanjut pada pengenalan mengenai wisata yang berada di Desa Sumberejo, seperti coban tundo, coban watu lumbung, coban pusang sumpit, coban banyu rutuh, dan juga bukit magersari. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun dari beberapa wisata ini sangat berpotensi untuk dapat berkembang dan tentunya akan lebih maju lagi.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan