Mohon tunggu...
Azwardi Iqbal Usman
Azwardi Iqbal Usman Mohon Tunggu... Administrasi - Creative, Initiative, and Eager to Learn

Currently working in one of the leading global cryptocurrency exchange company as Marketing Communications Manager and Startup Incubator Business and Venture Capital as Public Relations Position. Total 4 years experiences as Public Relations and 4 years experience as Business Development Graduated from Universitas Gadjah Mada as Master of Business Administration (MBA) in Marketing Management Major and Universitas Padjadjaran as Bachelor of Communications, Public Relations in Faculty of Communication Science. Best Regards, Azwardi Iqbal Usman

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Inovasi dan Always Put Customers First

16 Juni 2021   12:21 Diperbarui: 16 Juni 2021   13:47 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inovasi dan Always Put Customers First
Credit pict to https://www.launch-marketing.com

Campaign bagi sebuah tim Public Relations atau Marketing Communications di perusahaan merupakan salah satu hal yang harus di develop selain misalnya press release atau event. Skala cakupan campaign pun beragam ada yang lokal, regional, bahkan global tergantung objectives yang ingin dicapai. Begitu juga dengan kantor saya, Huobi Global, yang ingin mengadakan campaign dalam cakupan global dan apa objectives dari dipilihnya konten campaign tersebut untuk diangkat.

Credit pict to https://www.launch-marketing.com
Credit pict to https://www.launch-marketing.com
Huobi Global di bulan juni ini kembali mengadakan global campaign, kali ini untuk negara Turki. Mengusung tema musim panas "Huobi Merhabayaz" atau yang berarti Halo Musim Panas. Campaign ini mengajak partisipasi dan respons publik atas topik pertanyaan "Huobi global de gormek istedigin yeniyikler nelerdir?" atau yang berarti inovasi seperti apa yang ingin teman-teman lihat untuk diaplikasikan oleh Huobi global.

Inovasi bagi bisnis dan perusahaan memegang salah satu peranan penting, karena dengan inovasi perusahaan sadar bahwa mereka tidak akan selalu berada di zona nyaman atau kesuksesan produk dan services yang pernah diraih tentu saja notabene akan menjadi masa lalu. Di era kompetisi yang semakin kencang dan kuat, perusahaan butuh suatu hal baru yang dapat memberikan impresi, pengalaman, dan kepuasan yang dapat dirasakan atau diterima oleh konsumennya. Jika tidak ada inovasi, siap-siap saja tergerus oleh kompetisi yang semakin ketat. Lihat saja perusahaan sebesar Toyota, Apple, dan Starbucks yang selalu berinovasi dengan produk dan layanan yang semata-mata untuk membuat perusahaan terus dapat berkembang dan bertahan.

Lalu, apakah inovasi yang dilakukan oleh tim internal dan perusahaan sudah cukup? tentu tidak!. Inovasi dilahirkan dari internal perusahaan tetapi eksternal perusahaan juga memegang peranan penting salah satunya adalah dengan menerapkan always put customers first. Seperti riset yang dilakukan McKinsey bahwa memperhatikan dan mendengarkan konsumen dapat menuai loyalitas bahkan konsumen tersebut akan dapat membawa lebih banyak konsumen baru kepada perusahaan. Konsumen tentu akan senang jika suara opini dan saran nya didengar bahkan dapat menjadi sangat senang jika sampai diaplikasikan oleh perusahaan. Selayaknya anda memberikan masukan pendapat kepada pasangan anda dan pasangan anda melakukannya, tentu anda senang bukan?

 Huobi Global sadar bahwa publik dalam hal ini user merupakan salah satu pihak yang mampu membuat produk dan layanan Huobi untuk terus dapat berkembang dan tetap dipercaya sebagai salah satu The Leading and The Biggest Global Cryptocurrency Exchange hingga kini sejak 2013 seperti yang dapat terlihat di website CoinMarketCap. Begitu juga selaku cryptocurrency exchange tentu diharuskan untuk selalu berinovasi atas produk dan service yang saat ini sudah digunakan oleh jutaan user. Tim internal Huobi tentu dengan beragam cara akan terus mencari cara untuk melahirkan inovasi baru untuk terus semakin berkembang secara berkelanjutan di industri financial services.

Bagi Huobi Global "always put customers first". Always put customers first ini penting apalagi jika perusahaan memiliki beragam macam karakteristik konsumen yang saling berbeda keinginan dan kemauannya. Huobi sadar bahwa tanpa adanya user yang sangat besar dan dari berbagai negara, Huobi tidak akan mampu sampai ke fase seperti sekarang. Kemauan user dari Turki misalnya tentu akan berbeda dengan kemauan user dari Indonesia atau negara lain tetapi disitulah bagaimana perusahaan semaksimal mungkin mengakomodir suara para user. Huobi juga mengerti bahwa konsumen akan menjadi semakin nyaman dan merasa dihargai karena suara dan pendapatnya di dengar oleh perusahaan. 

Semoga dengan melakukan inovasi dan always customers first mampu membawa perusahaan dan bisnis temen-temen semakin maju di kompetisi yang semakin ketat. Temen-temen yang punya opini, pendapat atau ingin sharing, boleh kok mengisi di kolom comments. Terima kasih.

 Don't hestitate to contact me:

azwardiiqbal@gmail.com

Azwardi.Usman@global-hgroup.com

Credit pict

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN