PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan untuk membentuk generasi yang dapat berdaya saing, berkontribusi bagi masyarakat, serta menentukan kemajuan bangsa. Pendidikan tentunya tidak terlepas dari peran guru yang menjadi aspek penting dalam menetukan kualitas pendidikan di suatu negara. Dalam upaya mewujudkan Indonesia emas 2045 dengan visi negara maju, adil, dan makmur pemerintah perlu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, hal ini masih menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi yaitu kesenjangan kompetensi guru diberbagai daerah di Indonesia. Di satu sisi, terdapat para guru yang sangat kompeten dan profesional di kota-kota besar, sementara di sisi lain masih banyak guru di daerah pelosok Indonesia yang belum mendapatkan akses pelatihan serta pengembangan profesional yang memadai.
Peningkatan kompetensi guru dan tenaga pendidik menjadi sangat krusial. Guru menjadi aktor dalam proses pembelajaran di sekolah, mereka tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga membentuk karakter, pola pikir, dan potensi peerta didik. Kualitas guru secara langsung memengaruhi kualitas belajar siswa. Jika Indonesia ingin mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata, maka investasi terbesar harus diarahkan pada peningkatan kapasitas dan kesejahteraan guru.
Esai ini akan membahas mengapa kualitas guru sangat memengaruhi hasil belajar siswa, strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru secara merata, serta bagaimana hubungan antara kesejahteraan guru dan kualitas pembelajaran.
PEMBAHASAN
Pengaruh kualitas guru terhadap hasil belajar siswa
Kualitas guru berperan penting dalam proses pembelajaran. Guru yang berkualiatas memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi pelajaran, serat mampu menyampaikan dengan cara menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, guru yang baik juga mampu untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, agar dapat meningkatkan motivasi keterlibatan siswa dalam belajar. Sebaliknya guru yang kurang terlatih cenderung menggunakan metode pembelajaran konvesional dan tidak efektif, sehingga berujung pada rendahnya motivasi belajar siswa dan pencapaian akademik kurang optimal.
Penelitian yang dilakukan oleh Vira Afriyanti dkk. (2022) menunjukkan bahwa peran pendidikan masyarakat sangat dipengaruhi oleh pentingnya peran guru. Oleh karena itu, keterampilan guru perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Pekerjaan guru penting, tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi negara. Guru memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan masyarakat. Guru yang berkualitas dapat membantu siswa dalam mengembangkan karakter, keterampilan berpikir kritis, dan kreatif yang sangat penting dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Secara Merata
- Pelatihan dan pengembangan profesional
Pemerintah dan Lembaga Pendidikan perlu menyediakan adanya program pelatihan yang berkualitas bagi para guru. Pelatihan yang mencakup pengembangan pedagogik, oenggunaan teknologi digital, dan keterampilan mengajar.
- Mentoring dan pembinaan
Program mentoring dapat membantu para guru baru untuk belajar dari pengalaman guru yang lebih dulu berpengalaman. Melalui program ini, guru dapat berbagi praktik pembelajaran yang baik dan saling mendukung dalam menghadapi kendala proses belajar mengajar.
- Pemanfaatan teknologi
Pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas dalam pelatihan dan pembelajaran untuk lebih akreatif dalam menyampaikan materi, seperti platform online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh guru.
- Kesejahteraan guru dan kualitas pembelajaran
Kesejahteraan guru memainkan peran penting dalam menentukan pembelajaran. Kesejahteraan yang dimaksud tidak hanya meliputi gaji atau insentif, tetapi juga mencakup akses terhadap layanan kesehatan, perumahan yang layak, dan kesempatan pengembangan diri (Burhan dkk. 2025). Guru yang Sejahtera secara ekonomi dan social akan lebih focus, termotivasi, dan berdedikasi dalam menjalankan tugasnya. Kesejahteraan guru dapat meliputi gaji yang layak, jaminan Kesehatan, serta pengakuan atas profesinya yang penting bagi bangsa.
Â
PENUTUP
Kesimpulan
Peningkatan kompetensi guru menjadi kunci utama untuk terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan merata di Indonesia. Kualitas dan kemampuan guru sangat mempengaruhi hasil belajar siswa karena mereka adalah aktor utama dalam proses Pendidikan. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas guru berupa pelatihan, mentoring dan pembinaan, serta pemanfaatn teknologi menjadi penting. Selain itu kesejahteraan guru juga harus menjadi perhatian utama, karena guru yang Sejahtera akan lebih mampu menciptakan pembelajaran yang efektif.
Saran
Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan perlu menyadari bahwasanya investasi terbesar dalam Pendidikan bukan hanya pada infrastruktur, tetapi juga pada manusia yang menjadi pelaku, khususnya guru. Diperlukan adanya kebijakan yang berpihak pada pengembangan guru secara menyeluruh. Dengan demikian, visi Indonesia untuk memiliki generasi emas pada tahun 2045 dapat terwujud melalui pendidikan yang berkualitas dan merata.
DAFTAR PUSTAKAÂ
 Afriyati Vira dkk. 2022. KAJIAN PERPEKTIF PENDIDIKAN GURU DITINJAU DARI KOMPETENSI DAN PEMERATAAN DI LAPANGAN. Banjarmasin. UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.
Burhan dkk. 2025. Kebijakan Pemerataan Guru dan Kualitas Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmiah Edukatif.
Â
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI