Mohon tunggu...
Azlan Shah
Azlan Shah Mohon Tunggu...

Arsitek, Entreprenuer

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tips Memilih Ransel yang Tepat buat "Travelling"

30 Juni 2018   22:59 Diperbarui: 30 Juni 2018   23:02 794 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memilih Ransel yang Tepat buat "Travelling"
www.karismarespect.com

Ransel terbaik harus dibuat menggunakan bahan yang tahan air, material yang kuat, namun tetap nyaman dan memiliki ukuran yang cocok dengan jumlah barang yang dapat kamu bawa. Karena itu penting buat kamu untuk memastikan ransel yang akan kamu gunakan cukup nyaman dan memiliki ukuran yang cocok. Jika kamu kurang hati-hati dalam memilih ransel yang tepat, ekspedisi travelling kamu bisa berantakan.

Desain ransel

Ada 2 kriteria utama yang dapat kamu ingat dilansir dari Backpack Asia. Yang pertama adalah tentang rangka tas. Pertanyaan yang dapat muncul adalah Apakah ransel yang kamu gunakan memiliki rangka luar, rangka dalam, atau tidak menggunakan rangka sama sekali.

Yang kedua, tentang penggunaan ransel sendiri apa akan kamu fungsikan untuk penggunaan sehari-hari, atau menjadi ransel ekspedisi seperti naik gunung, atau perjalanan jauh lainnya.

Ransel sehari-hari biasanya dibuat lebih pendek dengan kapasitas 35 liter saja. Kebanyakan ransel seperti ini juga tidak dilengkapi dengan rangka atau kadang-kadang memiliki rangka internal namun menggunakan rangka dalam yang lebih lunak.

Sedangkan ransel untuk ekspedisi memiliki ukuran yang lebih besar, mulai dari 40 liter sampai 100 liter. Kapasitas besar ini digunakan sebagai tempat penyimpanan banyak barang, karena memang kebutuhan perjalanan yang lebih jauh. Karena itulah seringkali dibutuhkannya rangka dalam atau rangka luar yang kuat untuk menahan beban yang lebih berat.

Sebagai catatan, ada lagi pembagian untuk ransel ekspedisi, dimana yang pertama memiliki banyak kantung-kantung kecil baik di dalam maupun di luar tas. Hal ini berguna agar saat kita naik gunung misalnya, pengguna dapat dengan lebih mudah meraih barang-barang kecil yang dipisah-pisahkan sesuai dengan fungsi-fungsinya yang berbeda satu sama lain di setiap kantong.

Sedangkan ada juga sebagian orang yang lebih senang untuk memiliki satu ransel kosong melompong tanpa adanya kantung-kantung kecil tersebut. Pengguna tas seperti ini banyak digunakan pendaki dan biasanya berukuran 50 -- 60 liter saja serta memiliki rangka dalam.

Kebanyakan ransel gunung hari ini dibuat menggunakan material yang tahan air seperti Condura. Ingat bahwa bahan ini bukan waterproof, yang sifatnya menolak air seperti minyak. Namun bahan Condura tetap memberikan ruang agar air lewat keluar agar bagian dalam tas tidak lembab.

Ransel juga seharusnya memiliki bagian bahu dengan penahan yang cukup nyaman, termasuk tali yang cocok. Bagian penyangga haruslah dapat dinaik-turunkan sehingga dapat pas digunakan oleh berbagai ukuran punggung manusia.

Cara memasang ransel

Kebanyakan ransel ekspedisi yang tersedia di Indonesia hari ini memiliki desain rangka di dalam karena itu kita hari ini hanya akan membahas tentang membentuk ransel dengan rangka internal saja.

Pertama-tama, rangka internal perlu disesuaikan dengan tubuh pengguna tas. Proses pemasangannya adalah dengan membengkokkan rangka saat ransel tersebut kosong.  Pastikan bentuknya mengisi bagian kosong di ransel paling bawah dan berbengkok disekitaran punggung sampai bahu kamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN