Mohon tunggu...
Azka muzakkie
Azka muzakkie Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

mahasiswa pendidikan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan Inklusif

10 Januari 2021   20:47 Diperbarui: 10 Januari 2021   20:50 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Inklusif

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk mendewasakan individu manusia yang bentuknya tanya berupa asuhan,  perlindungan, bimbingan, bantuan dan pengaruh, Agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya kelak. Islam menempatkan manusia sebagai makhluk yang paling mulia dari semua makhluk Allah.   firman Allah SWT  ( Q.S. 25:4).  yang artinya: "Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya". Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala tersebut,Untuk tumbuh kembang menjadi sebaik-baiknya manusia, maka anak memerlukan pendidikan.

pendidikan yang diberikan tentu saja harus disesuaikan dengan  yang anak sebagai anugerah dari Sang Khalik,   baik kemampuan akal,  fisik maupun inderanya, Karena bagaimanapun kondisi anak, tetap memiliki hak hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan tanpa diskriminasi.

program pemerintah selama ini dalam memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus ( ABK) adalah melalui sekolah luar biasa ( SLB), yang terdiri dari SLB A, yang diperuntukkan bagi anak tunanetra,  SLB B diperuntukan bagi anak tunarungu atau wicara, SLB C, diperuntukan  bagi tunagrahita, SLB D, diperuntukkan bagi anak tunadaksa, SLB E diperuntukkan bagi anak tunalaras, SLB G diperuntukan bagi tunaganda dan  sekolah inklusif. keberadaan sekolah luar biasa sudah dapat menyerap anak-anak berkebutuhan khusus secara massal, namun tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan sekolah luar biasa, belum merata keadaannya di wilayah Indonesia, sehingga keberadaan anak berkebutuhan khusus sering terabaikan, baik haknya untuk mendapat pendidikan yang layak maupun perlindungan dan asuhan yang tepat sesuai kekhususannya. didampingi itu banyak kalangan mengeluhkan bahwa sekolah luar biasa dinilai kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik berkebutuhan khusus untuk berintegrasi dengan peserta didik yang normal baik dalam mengikuti pendidikan maupun adaptasi dengan lingkungan sehingga keberadaan mereka saling terabaikan secara sosial dan masyarakatpun tidak banyak mengetahui bagaimana memperlakukan anak berkebutuhan khusus ini secara tepat sesuai kebutuhan khususnya.

Dengan demikian, untuk memandang manusia sebagai suatu komunitas yang tidak bisa dipisahkan antara yang normal dengan yang berkebutuhan khusus maka anak berkebutuhan khusus perlu diberikan kesempatan yang sama dengan anak normal lainnya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di jenjang pendidikan yang ada atau sekolah reguler untuk itu pendidikan inklusif merupakan jalan tengah yang dapat ditempuh, karena di lembaga pendidikan inklusif anak berkebutuhan khusus dapat membaur dengan anak normal, sehingga dapat anak berkebutuhan khusus dapat belajar banyak hal dari anak normal mereka dapat belajar bagaimana menghargai perbedaan dan dapat menumbuhkan sifat dan sikap mau membantu, peduli, Welas Asih,dan  empati.

Pengertian pendidikan inklusi 

Istilah inklusif dapat dikaitkan dengan persamaa, keadilan, dan hak Individual. dalam ranah pendidikan istilah inklusif dikaitkan dengan model pendidikan yang tidak membeda-bedakan individu berdasarkan kemampuan atau kelainan yang dimilikinya sehingga anak-anak berkebutuhan khusus dapat bergabung bergaul dan belajar bersama di sekolah reguler.

menurut Supena ([3]), Kata inklusif berasal dari bahasa Inggris inclusive atau incklusion. Pendidikan inklusif adalah suatu ideologi, sistem, atau strategi dalam penyelenggaraan pendidikan, di mana semua anak dari berbagai kondisi dapat mengikuti pendidikan dalam suatu lingkungan pendidikan secara bersama-sama, dengan suatu sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik

menurut Mudjito dkk ([2]), Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak berkebutuhan khusus dan atau anak yang mengalami hambatan akses pendidikan untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satuan pendidikan di sekolah terdekat dengan anak secara bersama-sama dengan peserta didik Pada umumnya. Mudjito dkk juga memberikan pengertian lain Sekolah inklusif adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kan an dengan mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus dan atau yang mengalami hambatan dalam akses pendidikan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu bersama-sama dengan peserta didik lain pada umumnya. sekolah harus menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tapi disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap murid.

menurut Sapon dan Shevin dalam O'Neil dalam Mudjito dkk ([2]), pendidikan inklusif adalah sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. artinya setiap warga sekolah harus menyadari peran dan tanggung jawab bersama dalam mendidik semua siswa untuk mengoptimalkan potensinya agar mereka dapat berkembang secara optimal.

Alasan pendidikan inklusi 

Indonesia menuju pendidikan inklusif secara deklarasikan pada tanggal 11 Agustus 2004 di Bandung dengan harapan dapat menggalang sekolah reguler untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan pendidikan bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Isi dari deklarasi Bandung tersebut yaitu himbauan kepada pemerintah, institusi pendidikan, institusi terkait, dunia usaha dan industri serta masyarakat untuk dapat:

  1. menjamin Setiap anak berkelainan dan anak berkebutuhan khusus lainnya mendapatkan kesamaan akses dalam segala aspek kehidupan, baik itu dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang kesehatan, sosial, kesejahteraan, keamanan, maupun bidang lainnya, sehingga menjadi generasi penerus handal.
  2. menjamin Setiap anak berkelainan dan berkebutuhan khusus lainnya, sebagai individu yang bermartabat untuk mendapatkan perlakuan yang manusiawi, pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan potensi dan tuntunan masyarakat tanpa perlakuan diskriminatif yang merupakan eksistensi kehidupannya baik secara fisik, psikologis, ekonomis, sosiologis, hukum, politis maupun kultural.
  3. menyelenggarakan dan mengembangkan pengelolaan pendidikan inklusif yang ditunjang kerjasama yang sinergis dan produktif di antara para stakeholders, terutama pemerintah, institusi pendidikan, institusi terkait, dunia usaha dan dunia industri, orang tua serta masyarakat.
  4. menciptakan lingkungan yang mendukung bagi pemerintah anak berkelainan dan berkebutuhan khusus lainnya, sehingga memungkinkan mereka dapat mengembangkan keunikan potensinya secara optimal.
  5. menjamin kebebasan anak berkelainan khusus lainnya untuk berinteraksi baik secara aktif maupun proaktif dengan siapapun kapanpun dan di lingkungan manapun dengan meminimalkan hambatan.
  6. mempromosikan dan mensosialisasikan layanan pendidikan inklusif melalui media massa, forum ilmiah Pendidikan dan Pelatihan lainnya secara berkesinambungan.
  7. menyusun rencana aksi (Action plan) dan pendanaannya untuk pemenuhan aksebilitas fisik dan non fisik layanan pendidikan yang berkualitas, kesehatan, rekreasi, kesejahteraan bagi semua anak berkelainan dan berkebutuhan khusus lainnya.

Konsep pendidikan inklusif adalah memberikan pemahaman mengenai Pentingnya penerimaan anak-anak berkebutuhan khusus ke dalam kurikulum, lingkungan, dan interaksi sosial yang ada di sekolah. pendidikan inklusif memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki berdasar pada karakteristik masing-masing peserta didik. dengan demikian pendidikan inklusif dimaksudkan untuk memberi kesempatan agar semua guru sekolah inklusi melakukan pembelajaran yang fungsional dan bermanfaat, yang sesuai dengan karakteristik belajar siswa yakni siswa normal dan siswa ABK.

Kriteria sekolah inklusi

lembaga pendidikan inklusif merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan. menurut MudJito dkk ([1]), setiap satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD atau MI, SMP atau MTS, SMA atau Ma, dan SMK atau MAK,Pada dasarnya dapat menyelenggarakan pendidikan inklusif sesuai dengan sumber daya yang tersedia. untuk implementasi penyelenggaraan pendidikan inklusif, setiap satuan pendidikan harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Terdapat peserta didik berkebutuhan khusus

Sekolah dapat Melakukan asesmen pada awal kegiatan belajar dengan maksud untuk identifikasi dini ( upaya menemukan) anak yang diduga berkebutuhan khusus. sekolah juga dapat menjaring anak berkebutuhan khusus dari lingkungan terdekat, dengan cara mengamati anak usia sekolah yang belum bersekolah titik anak berkebutuhan khusus juga dapat diperoleh berdasarkan rujukan dari sekolah luar biasa ( SLB) institusi terdekat, baik karena proses mutasi sekolah atau pun melanjutkan sekolah.

  • kesiapan sekolah
  • Guna mendukung kelancaran dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, setiap satuan pendidikan harus memiliki kesiapan yang meliputi:
  • adanya persepsi dan sikap positif tentang pendidikan inklusif dari semua komponen sekolah, termasuk orang tua siswa dan masyarakat sekitar.
  • adanya kemauan yang kuat dari sekolah untuk meningkatkan pemerataan dan mutu pendidikan tanpa diskriminatif.
  • adanya peluang untuk meningkatkan aksesibilitas anak berkebutuhan khusus dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi.

 layanan dalam pendidikan inklusi 

Menurut Mudjito dkk ([1]), layanan dalam pendidikan inklusi harus didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen yang selanjutnya dikembangkan sebagai pemukiman alternatif program layanan sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. beberapa alternatif program layanan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus antara lain adalah:

  1. Layanan pendidikan penuh

Anak normal dan anak berkebutuhan khusus belajar bersama di dalam kelas di bawah bimbingan guru. peran guru pembimbing khusus ( GPK) adalah bertanggung jawab dalam pembuatan program, memonitor pelaksanaan program, dan mengevaluasi hasil pelaksanaan program.

  • layanan pendidikan yang dimodifikasi
  • Anak berkebutuhan khusus dan anak normal belajar bersama di dalam kelas di bawah bimbingan guru. guru pembimbing khusus ( GPK) berperan dalam membimbing beberapa aktivitas tertentu yang tidak dapat diikuti oleh anak berkebutuhan khusus, dengan menggunakan program pembelajaran Individual (PPI).
  • layanan pendidikan Individual
  • Anak berkebutuhan khusus mengikuti proses belajar bersama anak pada umumnya di kelas di bawah bimbingan penuh GPK dalam melaksanakan PPI

Sarana prasarana khusus di sekolah inklusif

Menurut Mudjito dkk ([1]), sekolah inklusif disyaratkan untuk memiliki sarana dan prasarana khusus untuk siswa berkebutuhan khusus dalam mengikuti proses pembelajaran. sarana dan prasarana ini meliputi: gedung atau bangunan, media pembelajaran dan lingkungan belajar di sekolah yang mudah diakses ( memenuhi prinsip aksesibilitas) bagi peserta didik, sesuai dengan jenis kebutuhan khususnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun